Persipon Pontianak Belum Pasti Ikut Liga Indonesia

PERSATUAN Sepakbola Indonesia Pontianak (Persipon) masih belum memastikan apakah akan berlaga di pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) dan Divisi Utama tahun ini. Pasalnya, masih menunggu kepastian dari status hukum yang melibatkan antara PSSI dan Kemenpora.

Ketua PSSI Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan saat ini Persipon masih vakum dari seluruh rangkaian kegiatan yang ada. ”Hasil pertemuan kemarin Persipon masih tunggu kepastian, kan Kemenpora banding, Persipon untuk saat ini membubarkan diri sementara waktu sambil kita menunggu kepastian kompetisi kejuaraan profesional Indonesia,” katanya, usai membuka kejuaraan Laga Premier U-17 Kota Pontianak untuk memperebutkan Walikota Cup ke V tahun 2016, di lapangan bola Keboen Sajoek Pontianak, Senin (28/3) kemarin.

Baru setelah ada keputusan yang jelas antara PSSI dan Kemenpora, Persipon akan aktif kembali. ”Nanti kita akan coba, merekrut pemain-pemain lagi khususnya yang ada di Kalbar dan mengajak para investor, pengusaha untuk terlibat,” ujarnya.

Edi mewakili publik bola Kota Pontianak mengharapkan agar kisruh PSSI dan Kemenpora segera menemui titik terang. ”Dengan adanya klub sepeti Persipon ini bisa membangkitkan olahraga sepakbola seperti sedia kala,” serunya.

Terkait dengan pembinaan, lanjut Edi, khususnya amatir baik yang di U-15, U-17, dan U-19 sejauh ini sudah berjalan. Begitu pula dengan pertandingan antar klub juga sudah jalan. ”Cuma di profesional kita terbentur di masalah PSSI dengan Kemenpora yang sampai saat ini belum ada titik temu, sehingga industri sepakbola profesional di Indonesia ini terkesan sudah vakum. Tidak ada aktivitas yang signifikan, yang ada hanya kompetisi, kejuaraan memperebutkan piala tertentu yang sifatnya parsial saja. Misalnya kejuaraan Presiden, Kapolda dan seterusnya,” papar pria yang juga selaku Wakil Walikota Pontianak ini.

Sebelumnya, PT Liga Indonesia telah menjadwalkan dua kejuaraan, LSI dan Divisi Utama tahun ini. Dikutip dari sejumkah media, LSI direncanakan akan digelar pada 17 April, sementara Divisi Utama pada 25 Mei. (jpg/fik)

Tinggalkan Balasan