Percepat Pembangunan Interchange Tol Gedebage

bandungekspres.co.id, GEDEBAGE – Percepatan pembangunan interchange jalan tol Gedebage sebagai penunjang penyelenggaraan PON XIX/2016 di Jawa Barat bisa selesai sebelum batas waktu yang ditentukan. Sehingga bisa digunakan untuk akses ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Demi tercapainya presentase jalan yang merupakan bagian jalan tol Bandung Intra Urban Toll Road tersebut, berbagai cara telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun PT Wijaya Karya (WIKA) selaku pelaksana pada proyek tersebut. Salah satunya dengan pemindahan 240 makam warga Rancabolang RW 01 dan RW 02 ke Tempat Pemakaman Umum  Rancabali serta mengakomodir keinginan masyarakat yang ada di sekitar lokasi proyek pembangunan tersebut.

Manajer Proyek Interchange Gedebage PT WIKA Djoko Susilo mengatakan, pembangunan jalan akses Gedebage terdiri dari jalan utama sepanjang 630 meter yang tersambung dengan dua jalan layang melingkar masing-masing sepanjang 1,3 kilometer dan 0,8 kilometer. Adapun pekerjaan ini sudah bisa diselesaikan sekitar 65 persen. ’’Sejak terbitnya surat perintah kerja (SPK) pada 1 september 2015 lalu, kami langsung melaksanakan pekerjaan proyek tersebut,’’ katanya kepada Bandung Ekspres, saat dihubungi kemarin.

Djoko memaparkan, konsep awal pembangunan jalan layang ini yang tadinya dengan ketinggian 5,5 meter diturunkan menjadi 2,5 meter. Hal itu dilakukan dalam rangka mengakomodir keinginan warga secara keseluruhan yang berada di sekitar lokasi pembangunan. Tak hanya itu, ketinggian jalan layang yang direndahkan demi menghindari gangguan kendaraan, lalu di samping fly over akan dibuat pelindung.

’’Konsep ini diharapkan dapat mengurangi getaran, kebisingan hingga kecelakaan serta memberikan kenyamanan bagi para warga sekitar,’’ paparnya.

Djoko menegaskan, dari batas waktu yang ditentukan dalam kontrak awal pekerjaan ini selama 16 bulan hingga akhir Desember 2016, dengan sudah terselesaikannya pekerjaan sekitar 65  persen. Tentu saja kata Djoko, pihaknya sangat yakin kalau pekerjaan ini bisa diselesaikan sesuai dengan batas waktu.

’’Agar pembangunan jalan ini bisa berjalan dan sesuai dengan harapan, tentu saja perlu adanya dukungan dari semua pihak termasuk dari warga masyarakat sekitar,’’ pungkasnya. (dn/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan