Peran Media Perlu Dipahami Calon Danrem

bandungekspres.co.id – Dalam menghadapi era globalisasi, peran media seperti media cetak, media elektronik, media online (internet) dan media sosial, menjadi sangat penting. Media tersebut dapat menciptakan image (kesan) seseorang, suatu organisasi, dan suatu lembaga menjadi baik atau buruk. Media mempunyai peran strategis sumber dominan pencipta citra bagi individu, kelompok, dan masyarakat. Maka dari itu, media adalah sarana yang harus dimanfaatkan untuk membantu menyebarkan informasi tentang kegiatan yang seharusnya dapat diketahui masyarakat luas.

Demikian disampaikan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto pada acara Pembekalan kepada para calon Danrem yang dilaksanakan di Ruang Gatot Subroto Pusat Pendidikan Teritorial jalan raya Gado Bangkong Padalarang, Kamis (3/3).

Menurut Kasdam, sebagai sebuah organisasi yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat, KOREM harus mampu memanfaatkan peran media untuk menjembatani kepentingannya. Menjalin dan menjaga hubungan dengan media merupakan cara yang efektif untuk membangun, menjaga, dan meningkatkan citra atau reputasi organisasi di mata stakeholder.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sebagai Komandan Korem, harus bisa menjadi nara sumber yang dapat menyampaikan informasi aktual berkaitan dengan permasalahan atau kejadian yang terjadi di satuan dan di sekitar satuan secara cepat dan benar, kepada media dan masyarakat. Kemudian Komandan Korem dapat bersinergi dengan media dalam menjaga kondusifitas kemamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing. “Para Danrem, dapat melibatkan para Jurnalis untuk meliput setiap Satuan Jajaran KOREM dan mengadakan kunjungan ke media massa, baik media cetak atau elektronik,” ujar Kasdam.

Mengakhiri pembekalannya Kasdam mengingatkan, bahwa perang di era modern adalah sebuah perang yang lebih mengandalkan kekuatan media ketimbang kekuatan fisik. “Mengutip kata bijak dari Sun Tzu, Keterampilan terhebat dalam perang adalah menaklukkan musuh tanpa harus bertempur,” ujar Kasdam. (Pendam III/Siliwangi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan