Pengprov PGSI Seleksi Pegulat ke PON

bandungekspres.co.id – PENGURUS provinsi (Pengprov) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Sumbar gelar seleksi atlet guna mempersiapkan atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat medio September mendatang.

Seleksi yang disaksikan langsung Wakil Ketua KONI Sumbar Syaiful kemarin (10/4) di Gedung Beladiri KONI Sumbar ini dilaksanakan, karena banyaknya pegulat potensial yang sudah matang untuk diterjunkan di pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

”Karena yang lolos ke PON ini adalah by class, bukan by name, makanya kita kembali seleksi pegulat. Seleksi pertama ini bukan untuk keseluhan kelas, namun beberapa kelas tertentu yang banyak atlet bertalenta,” terang Ketua PGSI Sumbar Ali Musri didampingi Sekretaris Umum Ediswal, kemarin.

Dikatakan Ali Musri, seleksi ini diikuti 30 pegulat dari seluruh wilayah se Sumbar. Untuk seleksi tahap pertama ini satu kelas pertandingan akan mengambil dua atlet, sehingga di seleksi akhir pada Juni mendatang telah di dapat satu kelas satu atlet di PON.

Sementara di kelas lainnya diterangkan Ali memang pegulat yang ada sudah dominan,mempunyai prestasi yang mentereng, sehingga tidak ada persaingan dari pegulat lainnya.

Dirinya pun meminta kepada seluruh pegulat untuk berlatih serius, sepenuh hati, sehingga bisa mencapai prestasi tertinggi dengan meraih medali emas di PON Jabar.

Sekum PGSI Sumbar Ediswal menambahkan lima nomor untuk putra dan tiga nomor untuk putri.  Di bagian putra gaya bebas ada kelas 52 kg, kelas 57 kg, kelas 61 kg. Untuk gaya grego ada kelas 59 kg dan 71 kg. Sementara di bagian putri gaya bebas ada kelas 53 kg,kelas 55 kg, dan kelas 60 kg.

Ia mencontohkan di kelas 57 kg, terjadi persainngan ketat antara Sabri Purnama, Afriadi Mak Itam, dan Candra Sasongko. “Nah dari tiga pegulat ini, mana yang paling stabil mainnya, itu yang kita bawa ke PON. Bukan atlet yang menang di Kejurnas Pra PON kemarin yang kita bawa. Tujuannya agar mereka selalu giat berlatih dan tidak besar kepala,” pungkas Ediswal. (boy/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan