Pengecoran Jalan Bikin Macet Panjang di Jalur Padalarang–Cianjur

bandungekspres.co.id, PADALARANG – Pengecoran yang dilakukan di Jalan Padalarang menuju Cianjur membuat jalur tersebut alami kemacetan panjang. Tak heran, bila kendaraan harus rela mengantre lantaran jalan yang digunakan dilakukan secara bergantian. Untuk mengantisipasi kemacetan tidak parah, Polsek Padalarang dibantu dari Polres Cimahi mengatur kendaraan, baik dari arah Cianjur maupun Padalarang.

Kepala Polsek Padalarang Komisaris Suherman menjelaskan, kemacetan panjang ini lantaran adanya pengecoran jalan yang menghubungkan Padalarang ke arah Cianjur. Kendaraan yang melewati jalur tersebut diminta lebih bersabar dan bergantian lantaran sebagian jalan tengah diperbaiki. ’’Situasi arus lalu lintas di jalur tersebut padat merayap. Kami imbau pengendara lebih sabar lantaran jalan tersebut sedang diperbaiki,’’ ungkap Suherman, di Padalarang, kemarin.

Dikatakan Suherman, arah Cianjur menuju Padalarang, kemacetan mengekor hingga 1,5 kilometer. Personel yang berada di lapangan, tepatnya di sekitar Padalarang, sebanyak 12 personel. ’’Personel yang sudah ditempatkan ini guna mengatur lalu lintas agar tidak semakin panjang. Kita terus pantau baik siang maupun malam,’’ terangnya.

Untuk menghindari kemacetan tersebut, dituturkan Suherman, para pengendara bisa menggunakan jalur alternatif maupun tol. Hal ini demi menghindari kemacetan yang lebih parah. Salah satunya dengan menggunakan jalur Bandung–Bogor via tol. Selain itu, bisa juga menggunakan jalur Tagog Padalarang belok kanan–Cihaliwung–Cikalongwetan–Cipendeuy–Cipatat. Demikian juga sebaliknya, dari Cianjur–Bandung bisa melalui jalur Cipatat–Cipendeuy–Cikalongwetan–Cihaliwung–Panaris–Tol Padalarang.

Sementara itu, salah seorang pengendara Rudi Sujatmika, 45, mengaku kesal dengan adanya pengecoran yang membuat kemacetan parah. ’’Kebetulan saya dari Cianjur mau ke Bandung. Saya tidak tahu kalau ada perbaikan jalan. Ketika mau ke arah Padalarang terjebak macet,’’ sesalnya.

Dia berharap, perbaikan jalan ini tidak terlalu lama sehingga arus lalu lintas bisa kembali normal. Dia juga meminta agar semua pihak yang terlibat ikut melakukan pengamanan dan pengawalan agar kemacetan tidak semakin parah. ’’Mudah-mudahan saja cepat selesai karena kemacetan ini mengganggu aktivitas masyarakat juga,’’ pungkasnya. (drx/vil)

Tinggalkan Balasan