Pengamanan Lebaran, PON dan Pilkada Menanti

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Tampuk kepemimpinan Polda Jawa Barat resmi berganti dari Irjen Jodie Rooseto ke Irjen Bambang Waskito, sejak Rabu (1/6). Jodie akan menempati posisi barunya sebagai Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri menggantikan Irjen Sabar Rahardjo yang sudah pensiun.

Pergantian itu berdasarkan telegram rahasia nomor ST/1314/V/2016, yang diterbitkan pada 27 Mei 2016. Kemarin (2/6), Kapolda Jabar pun melakukan pisah sambut di Lapangan Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta.

Untuk diketahui, Irjen Jodie baru sekitar dua bulan menjabat Kapolda Jabar menggantikan Irjen Moechgiyarto, yang dipercaya memimpin Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Tito Karnavian.

Pada akhir Oktober 2012, Jodie sudah dipromosikan menjadi Kapolda Jabar menggantikan Irjen Putut Bayu Seno. Namun dibatalkan oleh Mabes Polri.

Jodie yang sebelumnya menjabat Kapolda Lampung, akhirnya menempati posisi baru sebagai Kasetukpa Lemdikpol. Desas desus batal dilantiknya Jodie sebagai Kapolda Jabar karena kerusuhan dua hari di Lampung yang menewaskan 14 orang.

Jodie Rooseto mengatakan, pihaknya belum banyak melakukan perubahan pada tataran Polda Jabar. ”Di sini saya baru menjabat dua bulan sepuluh hari.  Terima kasih kepada semua jajaran Polda Jawa Barat yang telah membantu saya mengemban tugas sebagai Kapolda Jawa Barat,” kata Jodie pada pidato serah terima di Mapolda Jabar, kemarin (2/6).

Dia mengatakan, Bambang Waskito merupakan teman satu angkatan sekaligus sakaligus sahabatnya. Pihaknya juga berharap, ke depan seluruh jajaran Polda Jabar bisa membantu Bambang dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolda Jawa Barat yang baru. Dengan harapan, wilayah hukum Polda Jabar bisa lebih kondusif dan aman.

Sementara itu, Bambang Waskito mengaku, meminta bantuan kepada jajaran Polda Jabar untuk bisa membantu pihaknya dalam menjalankan tugas tersebut. ”Ada banyak hal yang perlu dipelajari mengenai wilayah hukum Polda Jawa Barat dan membutuhkan waktu mengenai hal tersebut,” ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan melakukan evaluasi kerja dari Kapolda sebelum dirinya. Tentunya untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Menjelang Lebaran, pihaknya akan melakukan melakukan pemantauan di wilayah Pantura dengan membuka jalur tengah dan selatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan