oleh

Pemprov Segera Rasionalisasi PNS

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Sejak 2010 sampai sekarang Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) telah melakukan pengurangan secara bertahap jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemprov Jabar.

Sekretaris daerah Iwa Karniwa mengatakan, pengurangan ini sejalan dengan rencana pemerintah pusat yang akan menetapkan rasionalisasi pegawai negeri.

”Rencananya begitu pemerintah pusat akan ada rasionalisasi tapi sampai saat ini pemprov belum menerima petunjuk teknisnya,” jelas Iwa ketika ditemui di Gedung Sate kemarin (19/5)

Menurutnya, langkah rasionalisasi yang telah dilakukan antara lain pensiun dini yang ditawarkan kepada seluruh pegawai negeri yang masa baktinya 20 tahun atau yang berusia 50 tahun dengan diberikan pesangon. Sedangkan, landasan hukumnya untuk melakukan langkah ini adalah kebijakan Pergub. ”Nah, semenjak digelar ternyata banyak peminatnya,” ujar Iwa.

Iwa menyebutkan, dalam setahun rata-rata 100 PNS mengajukan pensiun dini dan dari sini ternyata ada efisiensinya anggaran belanja pegawai mencapai Rp 55 miliar.

Kendati begitu, program ini sejak tahun lalu telah dihentikan oleh pemerintah pusat. Sebab ada perbaikan pada payung hukum yang akan disesuaikan dengan aturan baru.

”Jadi terlebih dahulu secara menyeluruh akan dibenahi dulu aturan di atasnya,” kata Iwa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.