Pemkot Cimahi Lakukan Inovasi Pelayanan Publik

PERESMIAN : Wali Kota Cimahi Atty Suharti meresmikan ruangan operasional Monitoring Room Smart City Cimahi. Fasilitas ini berfungsi untuk memantau kondisi lalu lintas atau penyelenggaraan koordinasi di Struktur Organisasi Pemerintah Kota, belum lama ini.
PERESMIAN : Wali Kota Cimahi Atty Suharti meresmikan ruangan operasional Monitoring Room Smart City Cimahi. Fasilitas ini berfungsi untuk memantau kondisi lalu lintas atau penyelenggaraan koordinasi di Struktur Organisasi Pemerintah Kota, belum lama ini.

Saat ini.kata Atty,  Pemerintah Kota Cimahi  memiliki  ruangan operasional berbasis teknologi yang dinamai Monitoring Room Smart City Cimahi. Fasilitas ini  berfungsi untuk memantau kondisi lalu lintas atau penyelenggaraan koordinasi di struktur organisasi Pemerintah Kota Cimahi. Terkait dengan pantauan lalu lintas, ruangan tersebut terintegrasi dengan kamera CCTV di 19 titik yang terintegrasi juga dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi.

Monitoring Room  menampilkan 19 titik pemantauan CCTV, namun kedepannya seluruh wilayah Cimahi bisa dipasangi CCTV terutama di tiap kelurahan dan kecamatan dan  seluruh gedung Komplek Perkantoran  Pemkot Cimahi. Monitoring room ini juga dapat menjalankan kurang lebih 65 aplikasi. “Untuk pengembangan diharapkan tempat ini menjadi pusat kendali jajaran Pemkot Cimahi khususnya Walikota dalam rangka pengambilan keputusan dan tindakan yang strategis untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Atas Inovasi-inovasi yang telah dilakukan, Pemerintah Kota Cimahi  mendapatkan Apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara  dan Reformasi Birokrasi (PAN RB),  berupa Penghargaan SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik). Penghargaan SINOVIK langsung diberikan oleh Yuddy Chrisnandi selaku Menteri PAN dan RB kepada Walikota Cimahi Atty Suharti pada tanggal 1 April 2016.  Kota Cimahi Termasuk dalam TOP 99 yang sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 51/2016, Kementerian PANRB menetapkan Top 99 inovasi pelayanan publik, dari 2.476 inovasi peserta kompetisi inovasi pelayanan publik 2016.

Seiring dengan itu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Cimahi. Salah satunya adalah dengan menandatangani Komitmen Bersama Untuk Aksi Nyata Dukungan terhadap Pengembangan Perpustakaan oleh Walikota Cimahi, pada acara Pertemuan Nasional Penguatan Komitmen Pengembangan Perpustakaan Yang Berkelanjutan untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat, di The Westin Resort Nusa Dua, Pada tanggal 14 April 2016. “Bagi kami, pendatanganan ini sebagai langkah awal menarik minat masyarakat untuk lebih rajin mengunjungi perpustakaan, sehingga masyarakat mendapatkan akses terhadap informasi untuk membantu mengembangkan dirinya dan meningkatkan kualitas hidupnya,” sebutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan