Pemkab Siapkan 5 Hektar untuk Bangun Gedung DPRD

 

bandungekspres.co.id – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam waktu dekat akan membuat detail engineering design (DED) untuk pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya sudah disiapkan dengan luas lahan mencapai 5 hektar. ’’Kami sedang buat dulu DED di tahun ini. Kalau untuk lokasinya sudah disiapkan di bagian atas yang tidak jauh dengan area kantor pemkab. Karena satu kawasan juga,” kata Kepala Bidang Pembangunan dan Pengendalian Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Lucky Jamaludin, di Ngamprah, kemarin.

Dari 5 hektar yang disiapkan tersebut, kata dia, tidak sepenuhnya dibangun untuk gedung. Apalagi, di atas tersebut sudah masuk kawasan Bandung utara (KBU) sehingga ada aturannya. ’’Pembangunan gedungnya hanya 20 persen dari lima hektar tersebut. Artinya hanya satu hektare saja untuk bangunan, sisanya untuk ruang terbuka hijau atau publik,’’ ungkapnya.

Gedung yang dibangun tersebut bakal memiliki ruang komisi, dan beberapa ruang lainnya sesuai dengan kebutuhan para anggota dewan nantinya. Rencananya, gedung ini akan memiliki 3 lantai. ’’Jadi lebih luas dan ada beberapa ruang seperti ruang komisi. Kalau untuk anggaran yang dibutuhkan belum dihitung karena saat ini harus membuat terlebih dahulu DED-nya,’’ ujarnya.

Selain fokus terhadap pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat, sesuai arahan dari Bupati Bandung Barat Abubakar, pembangunan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat terkait pembangunan infrastruktur jalan di area Kompleks Pemkab Bandung Barat, plasa (alun-alun), dan tempat pelayanan. Saat ini pihaknya sudah melakukan tender yang didaftarkan ke Unit Layanan Pengadaan berbasis daring. ’’Mudah-mudahan April pengumuman sehingga bisa langsung dikerjakan,’’ paparnya.

Seluruh pekerjaan infrastruktur yang terdiri dari pembangunan jalan, penerangan jalan umum (PJU), penataan plaza hingga penataan area khusus pelayanan kepada masyarakat harus sudah selesai pada bulan Juni 2016 mendatang menjelang HUT Kabupaten Bandung Barat ke-9.   ’’Pembangunannya harus selesai sebelum Hut Kabupaten Bandung Barat. Supaya nanti dapat digunakan oleh masyarakat mulai dari jalan dan plasa yang digunakan untuk upacara,’’ kata Lucky.

Seperti diketahui, perbaikan infrastruktur jalan di area Kompleks Pemkab Bandung Barat dialokasikan sebesar Rp 18 miliar untuk panjang jalan 6 kilometer dan lebar 4 hingga 5 meter. (drx/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan