Pemerintah Tenggelamkan 151 Kapal Laut

Dalam peningkatan perekonomian sektor perikanan, pihaknya pun berencana akan mendorong iklim investasi di Indonesia. Terutama pada sektor perikanan bagian hilirisasi. ”Kita mengatur regulasi dan deregulasi terkait hal tersebut. Akan ajak investor untuk turut andil bagian didalamnya,” tuturnya.

Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia Riza Damanik mengapresiasi kebijakan dalam pemberantasan pencurian ikan dengan melakukan penenggelaman kapal. ”Tapi tak hanya melakukan penegakan hukum, tapi juga harus meningkatkan produktivitas sektor tersebut,” jelasnya.

Selama ini, keduanya tidak berjalan secara beriringan. Sehingga, kebijakan tersebut belum terasa efektifitasnya terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dan pendapatan bagi negara. ”Dalam satu tahun ini untuk industri sektor perikanan malah turun hingga 3-8 persen dan kesejahteraan masyarakat pun masih stagnan,” jelasnya.

Riza pun menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. ”Jika memang targetnya pada peningkatan perekonomian,” ungkapnya. Yakni, perbaikan di sektor hulu maupun hilirisasi, adanya akses teknologi inovatif, perbaikan sistem kerja kontrak bagi nelayan, perbaikan dalam sektor pengolahan dan pelatihan dan juga terkait aset permodalan. (lus/agm/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan