Pemerintah Diminta Bina Seni Budaya

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Dewan Seni Budaya Kota Cimahi menginginkan potensi seni dan budayawan menjadi Destinasi. Pasalnya, Kota Cimahi sangat berpeluang menjadi salah satu kota tujuan wisata domestik.

Ketua Dewan Seni Budaya (DSB) Kota Cimahi, Iwan Setiawan mengatakan, potensi seniman dan budayawan yang ada di Kota Cimahi sangat luar biasa untuk dikembangkan menjadi aset kota maupun bagi sumber pemberdayaan masyarakat melalui aktivitas seni dan budaya, sehingga memberikan kontribusinya bagi pembangunan di Kota Cimahi.

”Potensi seniman dan budayawan di Kota Cimahi ini sebenarnya sangat melimpah, namun dengan kurangnya ruang apresiasi bagi mereka, aktivitas mereka banyak dilakukan di luar Kota Cimahi,” terang Iwan, Rabu (10/8) kemarin.

Menurut Iwan, hal ini dikarenakan para seniman dan budayawa memerlukan sarana dan sosialisasi yang dibutuhkan dalam mengembangkan potensi mereka, baik untuk mendapatkan penghasilan ataupun dalam meningkatkan potensi dirinya dibidang tersebut. ”Memang tidak salah jika mereka memilih beraktivitas di luar Kota Cimahi, karena mereka juga harus memenuhi kebutuhan hidupnya dan menggali lagi potensi dirinya untuk terus berkembang,” katanya.

Biasanya, kata Iwan, Pemerintah baru melirik mereka setelah memiliki prestasi. Padahal, peran semua pihak baik pelaku seni, masyarakat atau pemerintah harus sinergi sehingga proses pembinaan terhadap potensi seni dan budaya ini lebih meningkat.

”Eksistensi para seniman dan budayawan ini harus terus ditingkatkan sehingga mampu melahirkan kartya-karya terbaiknya,” pungkasnya. (bun/asp)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan