Pembangunan Fly Over Padasuka Tinggal Tunggu Waktu

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Keinginan masyarakat dan Pemerintah Kota Cimahi untuk segera memiliki jalan layang atau fly over bakal segera terwujud dalam waktu dekat ini. Pasalnya, proses pembangunan fly over sudah mulai berjalan.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi, Ainul Yakin menuturkan, keinginan memiliki fly over untuk mengatasi persoalan lalu lintas di Kota Cimahi sudah ada sejak awal berdirinya Kota Cimahi 15 tahun lalu. ”Jika fly over yang diinginkan ini dalam waktu dekat bisa diwujudkan, ini merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan,” terangnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/7) kemarin.

Dia menyebutkan, poses lelang pembangunan fly over Padasuka ini sudah dituntaskan pada pertengahan Juli 2016 ini, dengan anggaran yang akan dihabiskan sebesar Rp. 17 Miliar lebih. Panjang  fly over 30 meter tersebut akan memiliki ketinggian sekitar 13 meter dengan lebar jalan 7 meter dan lebar trotoar di  kiri dan  kanan jalan  masing-masing satu meter. ”Pembangunan fly over Padasuka tersebut dijadwalkan selesai pada Desember 2016,” sebutnya.

Proses kajian dan perizinanan penggunaan sebagian lahan milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dilakukan sejak awal 2015 lalu dan baru tuntas pada pertengahan tahun ini, jembatan layang yang nantinya menghubungkan Jalan Kebon Manggu hingga Pondok Dustira itu tak bisa dilakukan tergesa-gesa karena menyangkut lahan milik PT. KAI. ”Setelah proses perizinana dituntaskan, kami selanjutnya harus merelokasi empat rumah yang berada di lahan milik PT.KAI. Karena lahan yang digunakan oleh empat kepala keluarga tersebut milik PT.KAI, maka relokasinya dilakukan oleh pihak PT. KAI, “ papar Ainul.

Ainul meanjutkan, jika nantinya proyek pembangunan fly over tersebut sudah dituntaskan, selain akan mengurangi kemacetan yang terjadi di tengah kota, keberadaan fly over Padsuka tersebut akan mendukung ekonomi masyarakat, karena dengan lancarnya arus lalu lintas, maka distribusi barang kebutuhan masyarakat bisa lebih cepat. Tak hanya itu, dengan adanya fly over waktu tempuh perjalanan kendaraan pun akan menjadi singkat.

Dengan dilakukannya pembangunan fly over, maka pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat terkait dengan transportasi juga bisa lebih ditingkatkan lagi. ”Pembangunan proyek fly over ini tujuan utamanya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal transportasi, karenanya kami berharap agar pembangunannya bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan