Pastikan Venue PON Rampung Juni

bandungekspres.co.id – MENYANDANG tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus melakukan persiapan. Paling utama soal venue pertandingan. Untuk urusan venue daerah pimpinan Ahmad Heryawan sebagian besar telah memasuki tahap penyelesaian.

Ketua Kompartemen III PB PON M Solihun mengatakan pembangunan dan renovasi seluruh venue tiga bulan jelang PON sudah rampung. Hingga kini proses pengerjaan sudah 90 persen. Tinggal proses penyempurnaan. ”Kami pastikan bulan Juli sudah clear,” terangnya ditemui di Sekertariat PB PON Jabar di Gedung Sate belum lama ini.

Bahkan untuk mengantisipasi keterlambatan pembangunan, pihaknya telah menyiapkan venue cadangan. Veneu cadangan ini disiapkan di kabupaten/kota. ”Jadi jika ada problem, bisa gunakan venue cadangan,” ujarnya.

Untuk menggelar multieven empat tahunan itu, Jabar menyiapkan total 59 venue. Tersebar di 15 kabupaten/kota berupa arena, lapangan, maupun gelanggang pertandingan.

Dari 59 venue tersebut sebagian kecil yang merupakan venue baru. Sebagian besar adalah venue lama yang dioptimalisasi. Sebagian lainnya adalah venue sewaan. Tercatat ada delapan venue baru. Sementara venue yang dioptimalisasi sebanyak 42. Sembilan lainnya sewaan.

Beberapa veneu yang belum rampung antara lain: Gymnasium FPOK UPI (tekwondo), GSG Tinju Pelabuhan Ratu (tinju), Sirkuit Gery Mang di Kabupaten Subang (balap motor), Sport Hall FPOK UPI (sepaktakraw) dan Bukit Pasir Pajang (Gantole).  ”Sebagian besar tinggal pemasangan sarana penunjang, seperti pemasangan kursi,” tukas Solihun. ”Apa yang kami kerjakan sudah memenuhi standar nasional bahkan internasional,” sambung Solihun.

Ada 44 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON XIX. Jumlah itu belum termasuk sembilan cabor ekshibisi. Dengan total 53 cabor utama, PON XIX akan menjadi PON dengan jumlah cabor terbanyak.

Jumlah medali yang diperebutkan pun ikut bertambah. Yakni sebanyak 753 medali emas yang tersedia di PON XIX. Sebagai perbandingan, PON XVIII 2012 di Riau menyediakan 600 medali emas. Di luar urusan venue, panitia penyelenggara juga gencar melakukan sosialisasi keliling kepada masyarakat Jabar pada khususnya. Hampir setiap minggu paitia bersama Gubernur Aher (sapaan Ahmad Heriawan) keliling ke masing-masing kabupaten/kota. ”Karena PON adalah tanggung jawab bersama. Sosialisasi ke masyarakat intens dilakukan,” ujarnya. (zen/jpg/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan