Pasar Panorama Dibangun Usai Lebaran

bandungekspres.co.id, BATUJAJAR – Pasar Panorama Lembang akan mulai dibangun setelah Idul Fitri atau sekitar bulan September mendatang. Hal ini setelah PT Bangun Bina Persada dinyatakan sebagai pemenang tender yang mengalahkan para investor lainnya. Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian Perdagangan dan UMKM Kabupaten Bandung Barat Weti Lembanawati mengatakan, ada 8 investor (perusahaan) yang mengikuti proses tender. Dari delapan investor dijaring menjadi tujuh yang lolos. ’’Ketika kita lakukan penawaran kepada 7 investor tersebut, hanya 3 investor yang menyatakan siap,” kata Weti, di Batujajar, kemarin.

Setelah itu, lanjut dia, dari tiga investor yang lolos tersebut hanya satu investor yang memberikan jaminan berupa uang di bank untuk melakukan pembangunan Pasar Panorama Lembang ini. Akhirnya jatuh kepada pengusaha asal Bekasi, PT Bangun Bina Persada mengalahkan dua perusahaan lainnya yang gagal akibat tidak memberikan jaminan penawaran sampai batas akhir yang ditentukan. ’’Kita berikan waktu kepada investor untuk memberikan jaminan. Tapi, sampai batas akhir jaminan penawaran itu per tanggal 3 Juni lalu dan itu menjadi salah satu persyaratan mutlak. Karena yang dua tak kunjung memberikan jaminan penawaran, akhirnya secara otomatis PT Bangun Bina Persada yang dinyatakan sebagai pemenang tender,” tukas Weti.

Diungkapkannya, PT Bangun Bina Persada merupakan perusahaan spesialis membangun pasar. Salah satunya membangun Pasar Cermat Batujajar. Berdasarkan design engineering detail (DED) bahwa nilai proyek pembangunan Pasar Panorama sebesar Rp 106 miliar, sedangkan perusahaan ini memberikan penawaran Rp 101 miliar. ’’Pemenang tender ini sudah memiliki pengalaman yang baik di bidang pembangunan pasar. Selain itu, mereka juga mampu menunjukan jaminan uang,” sahutnya.

Setelah penetapan pemenang yang ditandatangani Bupati Bandung Barat Abubakar tertanggal 14 Juni lalu. Proses yang harus dilalui yakni meminta persetujuan dari dewan dengan waktu selama 45 hari ke depan. ’’Selanjutnya dilaksakan perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemkab Bandung Barat dengan PT Bangun Bina Persada. Barulah kemudian diusulkan ke dewan untuk mendapat persetujuan. Diperkirakan tanggal 24 Juni usulan pemenang tender itu sudah diserahkan ke dewan,” ujarnya.

Weti menjelaskan, pembangunan Pasar Panorama Lembang ini selama 24 bulan atau 2 tahun. Dibangunnya kembali Pasar Panorama Lembang akibat terjadi kebakaran 14 Mei 2015 lalu. Rencananya akan dibangun 2.204 kios yang biasa menampung seluruh pedagang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan