Parade Budaya, Bentuk Apresiasi Pada Kesenian dan Kebudayaan

”Sebuah event Internasional yang mendatangkan para delegasi luar negeri. Itu rutinitas tahunan yang miliki daya tarik tinggi,” ucap Kenny.

Sehingga, kata Kenny, berbicara Parade Budya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, tahun depan akan menggelar event itu secara multikultur. ”Parade Budaya Bandung Multy Culture, lebih tapatnya,” tegas Kenny.

Bila selama ini Parade Budaya sebatas menampilkan pawai Barongsai, dan kemarin di kolaburasi dengan Budaya Sunda, tahun depan atraksi budaya itu akan tersaji lebih komplit.

Parade Budaya akan menampilkan seni budaya multi etnik. Event itu menjadi semacam etalase dan panggung eksistensi seni dan budaya daerah yang dikolaborasi dengan budaya etnis lain yang diakui negara.

”Seni budaya tradisonal tetap lestari. Budaya yang tumbuh dan berkembangpun dihormati. Itulah, kebhinekaan dalam bingkai toleransi,” kata Kenny.

Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha yang mendorong acara Parade Budaya dengan gigih menyatakan,  event tahunan itu digelar sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya tradisional yang ada di Kota Bandung, berkolaborasi dengan budaya etnis lain yang juga sangat kaya dan beragam.

Selain menjadi wadah bagi seniman Sunda untuk unjuk kreativitas terpenting sebagai wahana pemersatu bangsa. ”Melalui event ini DPRD berharap kreativitas seniman dan budayawan lokal di Bandung dan Jawa Barat dapat semakin berkembang. Lewat Parade Budaya ini juga, akan makin mengukuhkan eksistensi seni budaya tradisi sebagai bagian dari budaya nusantara,” kata politikus PDI Perjuangan ini.

Event tahunan ini sambung Achmad, membuktikan atraksi seni dan budaya daerahpun miliki tempat unjuk kebolehan di hadapan ribuan masyarakat Kota Bandung. Seperti halnya peringatan Hari Jadi Kota Bandung, Pemerintah Kota menyuguhkan atraksi seni yang melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Begitu pula dalam peringatan Bandung Lautan Api, sajian pawai obor yang melibatkan ribuan pelajar mencerminkan rasa tanggungjawab Pemerintah Kota Bandung, dalam menjaga semangat kejuangan generasi muda.

Sementara parade seni budaya ini dalam penilaian Achmad merupakan event positif yang akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Bandung selain akan membawa dampak positif bagi perkembangan pariwisata dan perekonomian kota dan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan