Panpel Larang Bobotoh Hadir

bandungekspres.co.id, PANITIA penyelenggara pertandingan Persija melawan Persib telah melarang bobotoh persib hadir di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (5/11). Meskipun mereka mengaku belum mengantongi izin resmi dari pihak kepolisian setempat.

“Soal izin mungkin baru hari Rabu atau Kamis. Kami masih berkoordinasi lagi dengan pihak kepolisian,” kata Ketua Panpel, Heri Isranto, pada wartawan, kemarin.

Lanjutnya, hal itu sesuai dengan komitmen awal, saat Persija main di Bandung juga tidak ada penonton tim tamu yang datang karena dilarang hadir. “Seperti komitmen awal, saat Persija main di Bandung juga penonton tim tamu dilarang hadir. Jadi ini sudah sesuai dengan kesepakatan awal,” ungkapnya.

Sikap panpel ini juga mengikuti instruksi dari PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator TSC. Mereka sudah berkirim surat kepada manajemen Persib terkait imbauan Bobotoh tidak hadir ke Stadion Manahan.

Larangan bukan tanpa alasan. Rivalitas panas antara kedua tim dalam beberapa tahun terakhir menyebabkan pertemuan kelompok suporter rawan bentrok.

Terkait dengan adanya keinginan Bobotoh melobi langsung aparat kepolisian dan panpel agar diizinkan hadir, Heri mengaku sama sekali belum ada komunikasi.

Sementara itu, kepolisian setempat akan menurunkan sebanyak 1917 personil gabungan untuk mengamankan pertandingan sepakbola antara tuan rumah Persija melawan Persib.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ahmad Luthfi mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu turunnya perizinan. Jika jadi digelar di Manahan, pihaknya siap mengamankan laga super big mat h itu.

“Kalau jadi digelar di Solo, kami siap mengamankan  Pengamanan kami siapkan dari ring satu sampai tiga sesuai Protap (Prosedur Tetap),” ujar Luthfi.

Kendati demikian Kapolresta mengaku hingga saat ini belum ada kepastian digelarnya laga di Manahan.

“Jadi apa tidaknya saya belum tahu, karena saya belum menerima suratnya. Kalau jadi, kami siap untuk mengamankan,” tandasnya.

Luthfi menjelaskan, sesuai kesepakatan yang berlaku saat ini, suporter Persib dilarang datang ke kandang Persija di Manahan. Demikian juga suporter Macan Kemayoran (julukan Persija) dilarang datang saat Persib Bandung bertindak sebagai tuan rumah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan