Panggil 16 Pemain berusia 25 Tahun

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Para pemain muda yang dipanggil seleksi tim nasional proyeksi Piala AFF berpeluang menembus tim utama. Sebab, pelatih Alfred Riedl sudah menegaskan hanya akan menjadikan performa terkini sebagai basis penilaian.

Artinya, jam terbang pemain tidak akan menjadi prioritas pertimbangan. Apalagi, Riedl mengaku menyukai beberapa pemain yang dipantau di Indonesia Soccer Championship.

”Saya memang senang dengan pemain-pemain muda, bertalenta, dan memiliki semangat tinggi,” kata Riedl ditemui seusai latihan, kemarin (11/8).

Dari total 24 pemain yang ikut seleksi tahap pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor selama dua hari terakir, Riedl memanggil total 16 pemain yang rata-rata berusia 25 tahun ke bawah. Bahkan, tidak sedikit di antara mereka yang belum memiliki pengalaman membela timnas senior walau hanya sekali.

Mereka, antara lain, Zulfiandi, Evan Dimas Darmono, Manahati Lestusen, Septian David Maulana, Bayu Pradana Andriatmo, Ichsan Kurniawan, Adam Alis, dan Ryuji Utomo. Kecuali Evan, lainnya baru pernah membela Garuda di level kelompok umur.

Sebagian lainnya malah belum pernah membela timnas sama sekali. Misalnya, Lerby Eliandri, Wanda Syahputra, Rahmat Hidayat, Ambrizal Umanailo, Andik Rendika Rama, Syahroni, Ryuji Utomo Prabowo, serta Johan Ahmad Farizi.

Di Piala AFF dua tahun lalu, Riedl banyak dikritik karena terlalu bertumpu pada muka-muka lama. Terutama mereka yang pernah sukses bersamanya membawa Garuda lolos final ajang yang sama edisi 2010.

Padahal, tak sedikit di antara mereka yang termakan usia. Apalagi, ajang yang berlangsung di Vietnam itu hanya berselang sekitar dua pekan setelah kompetisi di tanah air berakhir.

Ketika Riedl akhirnya berani menurunkan Evan Dimas, terbukti mantan kapten timnas U-19 itu tampil cemerlang. Sayangnya, Indonesia akhirnya tersingkir di fase grup.

Dalam dua hari latihan seleksi di Stadion Pakansari, para pemain muda tersebut juga terlihat tidak canggung bersaing dengan mereka yang lebih senior.

Andik Rendika Rama, misalnya, mengakui bahwa dirinya sangat menikmati hari-hari dalam seleksi tersebut. ”Saya sangat senang bisa mendapat kesempatan ini karena bisa belajar dari mereka,” kata bek Persija Jakarta itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan