Pamerkan 1.000 Produk UMKM

bandungekspres.co.id – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Jawa Barat menggelar pameran Gelar Produk 1.000 Wirausaha Baru (WUB) Jabar di Pelataran Parkir Gedung Sate, Jalan Dipenogoro, kemarin (3/4).  Dalam event ini, panitia mengambil tema ’’Wirausaha Baru Jawa Barat Kahiji di ASEAN”.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jabar Dudi Sudrajat mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran serta persiapan kepada wirausaha yang sudah menjadi bagian dari program Pencetakan 100 ribu wirausahawan baru Jabar. Di mana program ini sudah dicanangkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada 2014 lalu.

’’Pada kegiatan ini juga diberikan penghargaan kepada wirausahawan baru Jabar terbaik dari 13 OPD,’’ kata Dudi kepada wartawan kemarin.

Sementara itu, Ahmad Heryawan mengungkapkan, Pemerintah Propinsi Jabar hingga saat ini telah mencetak sekitar 60 ribu dari rencana yang ditargetkan 100 ribu wirausahawan baru. Adapun tujuan dari program tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu menjadi penggerak ekonomi demi kemajuan perekonomian di Jabar. ’’Dengan program 100 ribu wirausahawan baru, Pemerintah Provinsi Jabar akan terus berupaya mencetak pengusaha baru untuk mengokohkan perekonomian Jabar,’’ungkap Aher –sapaan Gubernur Jabar- ini.

Lebih lanjut Aher menjelaskan, setiap tahun Provinsi Jabar menargetkan 20 ribu wirausahawan baru melalui program tersebut. Dengan adanya program ini, nantinya calon wirausahawan baru akan diberikan pembekalan dan pelatihan agar mampu berdaya saing dalam dunia industri.

’’Namun demikian, masih ada kekurangan dalam program ini. Seperti pelaku usaha di negeri ini masih kurang bisa mengelola sumber daya alam yang ada,’’ pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, berbagai karya ditampilkan seperti kue dengan desain logo wirausahawan baru Jabar yang didaftarkan ke Original Record Indonesia. Selain itu acara diisi juga dengan menampilkan produk-produk kerajinan tangan serta pesta rakyat Bentang Parahyangan yang menampilkan 11 artis top Jabar.  (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan