Objektif Menilai Kinerja Pemerintah Daerah

bandungekspres.co.id, GUNUNGHALU – Ketua Aliansi Ormas Islam Kabupaten Bandung Barat, KH Aa Maulana mengimbau agar masyarakat bisa objektif dalam menilai kinerja pemerintah daerah. Pasalnya, hingga saat ini pembangunan di seluruh wilayah di Kabupaten Bandung Barat masih sedang berproses. Jadi, walaupun belum bisa ideal sesuai dengan harapan masyarakat, tetapi setidaknya sudah ada perbaikan yang cukup signifikan dalam seluruh aspek kehidupan.

Menurutnya, kepemimpinan Bupati Bandung Barat Abubakar sudah banyak terlihat perubahan pembangunan semenjak dijabat oleh Abubakar. Oleh karenanya, pembangunan yang saat ini terus dilakukan diharapkan bisa menjawab juga harapan masyarakat luas. ’’Kita harapkan memang di akhir masa jabatan pak bupati ini bisa menjawab harapan masyarakat terutama dalam pembangunan di setiap daerah,” ungkapnya usai menghadiri Forum Komunikasi Ulama dan Umaro Tingkat Kabupaten Bandung Barat, di Masjid Agung Kecamatan Gununghalu, kemarin.

Dikatakannya, perlu memang adanya dorongan dari masyarakat untuk selalu memantau dan memberikan solusi untuk perubahan ke arah yang lebih baik. ’’Jangan hanya bisa mengkritik dan mencari kesalahan saja, coba lihat juga progres pembangunan yang telah dicapai oleh pemerintah. Contohnya, ketika banyak akses jalan yang belum diperbaiki, begitu ramai masyarakat yang mengeluh dan menyalahkan pemerintah. Tapi, ketika sudah dilakukan perbaikan apakah ada yang mengucapkan terima kasih pada pemerintah?” tegasnya.

Menurut dia, jika bisa melihat kekurangannya, tentu saja masyarakat juga harus bisa melihat kelebihan dari ikhtiar pemerintah. Karena meskipun sudah menjadi kewajiban dari pemerintah, masyarakat juga tetap haus bisa menghargai dan mengapresiasi berbagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Pada kesempatan sama, Bupati Bandung Barat Abubakar menuturkan, dalam berjalannya roda pembangunan, pemerintah tetap membutuhkan peran masyarakat yang termasuk di dalamnya para ulama sebagai bentuk pengawasan melekat terhadap kinerja pemerintah daerah. ’’Untuk menjadikan Kabupaten Bandung Barat seperti saat ini bukan hasil kinerja pemerintah semata, tetapi juga berkat peran aktif masyarakat serta para ulama dalam mendukung serta mengawasi seluruh program yang dilaksanakan,” terang Abubakar.

Karena menurutnya dalam proses pembangunan, pemerintah dan masyarakat memiliki peran yang sama penting agar seluruh program dapat terwujud sesuai harapan dan tepat sasaran. ’’Pemerintah terus akan melakukan pembangunan sesuai dengan rencana kerja setiap tahun. Dukungan masyarakat sangat dibutuhkan,” pungkasnya. (drx/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan