Musrenbang Tampung Apirasi dari Masyarakat

Kecamatan Katapang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Katapang, Kamis (10/2). Acara dihadiri Muspika Katapang, para kepala desa di Kecamatan Ketapang, tokoh masyarakat, unsur lembaga, perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Bandung, dan anggota DPRD Daerah Pemilihan 2, Aep Dedi.

Musrenbang
Igun Ruchiyat/Bandung Ekspres

SERIUS: Unsur muspika Katapang, para tokoh masyarakat dan perwakilan SKPD Kabupaten Bandung mengikuti Musrenbang, di aula Kecamatan Katapang, Rabu (10/2).

’Musrenbang merupakan ajang menampung dan menyampaikan aspirasi langsung dari masyarakat kepada pemerintah. Hal tersebut, nantinya dijadikan acuan program rencana pembangunan daerah, khususnya Kecamatan Katapang,” jelas Camat Katapang Drs.Agus Rizal M.Si kepada Soreang Ekspres (Bandung Ekpres Group).

Kegiatan yang dilaksanakan di tingkat desa, bakal dibahas di tingkat kecamatan dengan dihadiri semua SKPD agar menjadi acuan program rencana pembangunan daerah, khususnya wilayah Katapang.

Camat menegaskan, aspirasi yang sudah disampaikan masyarakat secara langsung, bisa diserap oleh semua dinas sesuai kewenangannya. ’’Kami berharap rencana pembangunan wilayah Katapang nantinya bisa terlaksana sesuai dengan apa yang diajukan dan harapan masyarakat,” harapnya.

Hal senada disampaikan Aep Dedi, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung. Sang legislator mengatakan, Kecamatan Katapang merupakan wialayah penopang Pemerintah Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur perlu dioptimalkan. Karena masih ada beberapa titik jalan yang belum makimal.

“Dengan adanya Musrembang tersebut, semoga asprasi Masyarakat yang disampaikan secara langsung dijadikan rencana pembangunan pada tahun 2016,” tegasnya.

Dia berharap, pelaksanaan pembangunan nantinya sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat. Selain tentang infrastruktur, warga Katapang juga masih perlu perhatian tentang bantuan permodalan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar, terutama pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Dia meminta kepada dinas terkait lebih memperhatikan keinginan warga. ”Dengan infrastruktur yang bagus, perekonomian warga meningkat. Maka kesejahteraan masyarakat akan segera tercapai,” pinta Aep.

Sementara itu, Kades Gandasari Solihin Rizal berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bandung agar merealisasikan program pembangunan sesuai dengan apa yang diajukan melalui musrenbang. “Karena aspirasi masyarakat, yang disampaikan secara langsung di kegiatan musrembang, baik tingkat desa ataupun kecamatan merupakan kebutuhan yang diharapkan masyarakat. Oleh karena itu, saya berharap musrenbang yang merupakan ajang aspirasi, terlaksana sesuai apa yang diharapkan masyarakat,” pungkas ketua Apdesi Kecamatan Katapang ini. (gun/vil)

Tinggalkan Balasan