Muspika dan UPTD PU Bina Marga Gelar Opsih Sabilulungan

bandungekspres.co.id, KATAPANG – Opsih Sabilulungan terus dilakukan pemerintah Kabupaten Bandung dalam upaya menjaga keberihan lingkungan dan mengantisipasi bencana banjir. Seperti yang dilakukan pemerintah kecamatan Katapang, UPTD Sapras PU Wilayah II Margahayu, Pemerintahan Desa Gandasari dan masyarakat sekitar.

Drs Budi Hermawan -
Drs Budi Hermawan
Kepala UPTD Sapras PU Wilayah II Margahayu

Mereka bersama-sama melakukan Jumat Bersih (Jumsih) Sabilulungan dengan membersihkan sampah yang tercecer di sepanjang Jalan Raya Gandasari-Cangkuang, kemarin (27/5).

”Dengan adanya, Jumsih sabilulungan semoga bisa memberikan motifasi kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan,” jelas Drs Agus Rizal Camat Katapang di lokasi Jumsih kepada Soreang Ekspres (Bandung Ekspres grup).

Menurutnya dengan melakukan koordinasi dengan dengan beberapa dinas. Di antaranya dengan Dinas Bina Marga khususnya UPTD Sapras PU dan pemerintahan desa. Dengan begitu, jumsih bisa dilaksanakan secara rutin setiap Jumat. Dengan memprioritaskan lokasi yang kotor, seperti di jalan Gandasari kexamatan Katapang.

”Oleh karena itu, dirinya bersama cabang Dinas yang berada di wilayah kecamatan Katapang selalu melakukan Jumsih,” papar Agus.

IGUN RUCHIAT/SOREANG EKSPRES TETAP KOMPAK: UPTD Sapras PU Wilayah II Margahayu GELAR program nyata di masyarakat Desa Gandasari.
IGUN RUCHIAT/SOREANG EKSPRES <br?> TETAP KOMPAK: UPTD Sapras PU Wilayah II Margahayu
GELAR program nyata di masyarakat Desa Gandasari.

Hal yang sama disampaikan H Budi Hermawan, Kepala UPTD Sapras PU Wilayah II Margahayu. Dia megaku, program nyata di masyarakat salah satunya menjaga kebersihan lingkungan di masyarakat.

Alhamdulillah, berkat koordinasi dengan beberapa kecamatan yang berada di lingkungan Uptd Sapras PU Wilayah II Margahayu, kegiatan Jumsih atau opsih Sabilulungan bisa rutin dilaksanakan,” paparya.

Dengan rutin melakukan opsih Sabilulungan, dirinya berharap, menjadi motivasi bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. ”Sebab, menjaga kebersihan, merupakan tanggung jawab bersama,” tegasnya.

Dia berharap, dengan berjalannya komunikasi dan koordinasi antar cabang dinas yang berada di wilayah II Margahayu, bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar. ”Kebersihan lingkungan dalam upaya meminimalisir terjadinya bencana banjir,” tegasnya.

Kepala Desa Gandasari Solihin Rizal mengatakan, menjadi tanggung jawab bersama dala menjaga kebersihan lingkungan. Menurut dia, pemerintah desa siap bersama sama masyarakat untuk melestarikan lingkungan yang indah nyaman dan bersih. Di bagian lain, dia juga mengkritisi kebiasaan masyarakat yang masih doyan nyampah. Bagi dia, sudah saatnya masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan