Utak-Atik Musik Asik Pakai Launchpad

bandungekspres.co.id – WAKTU manggung di We The Fest 2015, Madeon memainkan dua buah papan LED warna-warni. Papan tersebut bisa menghasilkan musik elektronik superkece. Yaps, itulah launchpad! Instrumen musik yang kali pertama dibesut Novation, produsen alat musik yang berbasis di Inggris, tersebut kini makin ngetren. Nggak heran kalau 6 di antara 10 Zetizen tahu tentang launchpad. Bahkan, 53 persen di antaranya pernah memainkannya.

Launchpad
Launchpad

Salah seorang pemain launchpad yang belakangan ini hit adalah Ananta Giovanni. Sejak 2011, cowok yang akrab disapa Vinnie itu berani ’’mengutak-atik’’ beragam musik dengan launchpad. Menurut Vinnie, main launchpad itu gampang-gampang susah. ’’Anggap aja ini piano yang lebih ribet,’’ ujarnya. Yaps, launchpad memiliki 64 pad. Awalnya, pad tersebut belum berisi suara. That’s why, dibutuhkan software Ableton Live yang terhubung dengan iOS atau Windows.

Dengan software itu, kita bisa meng-input berbagai jenis audio ke dalam launchpad. Kita juga bisa mengedit dan menyusun audio tersebut. Serunya, launchpad dilengkapi dengan teknologi RGB yang merupakan singkatan dari red, green, dan blue. Tiga warna itu merupakan warna dasar. Melalui software Ableton Live, gabungan tiga warna tersebut bisa muncul pada 64 LED pad launchpad. ’’Kita bisa mengatur warnanya sesuai musik pada pad-nya. Warna-warna itulah yang bikin permainan launchpad makin seru,’’ jelas Vinnie.

Banyak genre musik yang telah ’’disulap’’ Vinnie dengan launchpad. Mulai lagu klasik, pop, musik EDM, hingga jingle produk! Misalnya, jingle mi instan, susu, dan roti. ’’Aku pengin membuat sesuatu yang anti-mainstream dan bisa jadi ciri khasku,’’ jelas Vinnie kepada tim Zetizen. Vinnie juga pernah me-remix soundtrack film kartun Ninja Hattori, Dora the Explorer, dan Spongebob loh. Hasilnya? It’s totally awesome! ’’Launchpad itu membebaskan kita buat berkreasi. Meski susah, hasilnya worth it,’’ ungkap Vinnie. (novationmusic/pew/c23/adn)

Launchpad, Jadikan DJ lebih Versatile

Di kalangan para disc jockey (DJ), launchpad jadi primadona baru buat menunjang performance mereka. Sejak diluncurkan pada 2009 oleh Novation, launchpad bikin para DJ semakin kreatif berimprovisasi, baik musik maupun performanya.

Tinggalkan Balasan