Militer Australia-TNI Bersinergi

bandungekspres.co.id – Delegasi tentara Australia Mayor Jendral Paul Mclachlan AM melakukan kunjungan kerja ke Kodiklat TNI AD. Kunjungan ini dalam rangka menjalin kerjasama dan kesepahaman antar intitusi pendidikan kemiliteran.

Wakil Komandan Kodiklat TNI AD Mayor Jenderal TNI Bachtiar mengatakan, kunjungan institusi militer antar negara ini sudah biasa terjadi yang bertujuan untuk bertukar informasi dalam sistem pendidikan di TNI AD. Selain itu, untuk menjalin kesapahaman terutama dalam bidang pembinaan dan doktrin yang biasa dilakukan di Kodiklat TNI AD.

”Australia adalah negara sahabat Indonesia. Apalagi sebagai negara tetangga saling mengenal dan sharing dalam koridor kerjasama kemiliteran itu sering terjadi di negara manapun,” jelas Bahtiar kemarin (2/3).

Menurutnya, dalam pertemuan tersebut, Kodiklat TNI memberikan paparan mengenai profil Kodiklat TNI AD dan aktivitas Pelatihan dan Pendidikan Pusdik berada di bawah Kodiklat di samping membahas peluang kerjasama lainnya. Dia berharap dengan kunjungan ini bisa menghasilkan suatu manfaat yang saling menguntungkan dalam kesepahaman antar lembaga kemiliteran Indonesia dan Australia. Bahkan ke depan, kunjungan kerja ini akan berlanjut dalam rangka studi banding untuk pembinaan pendidikan Kodiklat di Indonesia.

”Untuk mempererat hubungan kedua Negara, kita akan lakukan kunjungan balasan untuk studi banding di lembaga pendidikan militer di Australia,” kata Bahtiar.

Selanjutnya, Wakil Komandan Kodiklat TNI AD mempersilahkan kepada delegasi Angkatan Darat Australia beserta rombongan untuk menyaksikan penayangan Profil Kodiklat TNI AD. Dia berharap utusan militer Australia dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang keberadaan Kodiklat TNI Angkatan Darat secara keseluruhan. (rls/yan/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan