Mental Judo Jawa Barat Drop

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Jawa Barat Jabar hanya mampu meraih 2 medali emas dan 3 perak pada hari kedua cabang olahraga judo Peparnas XV/2016. Kondisi ini berbeda dengan hari sebelumnya yang mampu melakukan sapu bersih 4 medali emas.

peparnas2016Pelatih Judo Jabar Budi Hidayat menegaskan, anak-anak asuhnya masih memiliki kekurangan jam terbang. Terutama dalam hal mental bertanding.

”Secara teknik sudah tidak ada masalah, namun mental bertanding anak-anak masih perlu ditingkatkan,” ujar Budi di GOR Pajajaran, kemarin (18/10).

Terkait dengan target, menurut Budi target pribadi 8 emas masih bisa terkejar. Sebab, masih ada 3 nomoer lagi yang akan dipertandingkan hari ini. ”Saya optimistis, anak-anak bisa tampil lebih maksimal dan meraih medali emas di 3 kelas terakhir,” tuturnya.

Sementara itu, baru mengenal olahraga judo 3 bulan terakhir, Junifor Batee sukses meraih medali emas.

Junifor mengaku, persiapan yang dilakukannya sangat minim. Dalam dua bulan latihan hanya dilakukan 1 kali dalam seminggu. ”Itu semuanya berkah dan karunia tuhan,” ujar Junifor.

Dalam proses latihan kata Junifor, sang pelatih menggemblengnya dengan keras. ”Kita digenjot terus latihan dengan keras, bahkan sampai sakit-sakit. Tapi pelatih terus memberikan motivasi dan arahan sehingga bisa seperti ini”, ujarnya.

Atas prestasi yang diukir oleh atlet NPC Sumut,  Junifor berharap  ke depan pemerintah, khususnya Sumatera Utara bisa lebih memperhatikan atlet-atlet difabel.

Sebelumnya, Rafli Ahnaf Shidqi merasakan prestasi pertama dalam karirnya di cabang olahraga judo Pekan Olahraga Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016. Atlet judo Jabar berusia 16 tahun itu, tercatat mendapatkan medali emas.

”Tentu senang. Saya berharap suatu hari bisa mewakili Indonesia di ajang internasional seperti ASEAN Para Games,” ujar Rafli.

Mengenai partai final melawan rekannya sendiri, Riscar Aditya Utama, Rafli mengaku tidak ada beban. Menurut pelajar SMA Puragabaya Bandung ini, keduanya saling mengalahkan dalam latihan sehari-hari.

”Saya dedikasikan kemenangan ini untuk semua, buat keluarga, teman-teman di judo, pelatih, dan Jawa Barat pastinya,” ucapnya.

Untuk diketahui, atlet judo Peparnas memang didominasi wajah baru. Namun begitu, tim pelatda judo Peparnas Jawa Barat optimistis bisa menyapu bersih semua nomor yang mereka ikuti. Meski, mereka dipastikan kehilangan satu emas karena tidak turun di kelas +57 kilogram putri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan