Menghubungkan Smart Cities

bandungekspres.co.id – Putri Astrid, sebagai perwakilan dari Raja Philip dari Belgia, bersama dengan empat anggota delegasi menteri, mengunjungi Bandung, kemarin (17/3). Dalam kunjungannya ke Bandung, Putri Astrid mengunjungi Bandung Command Centre ditemani Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Dalam pertemuannya tersebut, Ridwan Kamil berbicara banyak tentang semangatnya untuk mengubah Bandung menjadi pelopor Smart City baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, Bandung Command Center (BCC) menjadi pusat saraf dari proyeknya. BCC kata dia, memungkinkan para staff untuk memantau parameter-parameter penting kota dan mengambil tindakan berdasarkan kepentingan warga.

”Pihak Belgia tertarik dengan Bandung Smart City tertarik dengan aplikasi-aplikasinya yang sudah dibuat. Nanti dibikin di sana (Belgia, Red) ,” ujar Ridwan Kamil saat ditemui setelah jamuan makan siang di Pendopo Wali Kota Bandung.

Selain tertarik dengan Bandung Smart City dan teknologinya, pihak Putri Astrid sangat tertarik dengan indsutri kreatif yang ada di Bandung, terutama industri sepatu.

Dirinya bersyukur, jika Bandung dipercaya sebagai salah satu kota yang strategis untuk masalah bisnis. Bahkan Putri Astri mengundang Bandung dan para pengusahanya untuk berkunjung ke Belgia.

”Semester depan kita diundang untuk ke sana. Nanti saya akan membuka usaha di sana, biar neraca perdaganganya stabil,”ujarnya

Dia mengatakan, akan membawa kepala-kepala dinas serta ahli IT. Termasuk beberapa pengusaha sepatu saat melakukan kunjungan ke Belgia semseter depan.

Selain itu, yang lebih spesialnya Bandung dipercaya untuk mengikuti Europalia pada tahun depan. Europalia sendiri merupakan acara dua tahunan di mana suatu negara dipersilakan berkeliling Eropa untuk mempromosikan negaranya.

”Untuk tahun kemarin kan jatahnya Turki, tahun depan Indonesia dan untuk kuota Indonesia dimintai tolong sebagian diisi oleh Pemerintah Kota Bandung,” ujar Emil.

”Itu untuk yang serius-seriusnya. Untuk yang lucu-lucunya dia memperlihatkan foto anaknya kepada saya kebetulan nama anak kita mirip yaitu Laetitia yang artinya Bahagia,” imbuh Emil. (mg1/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan