Mencari Jalan Kembali

Barcelona 3 vs Arsenal 1

BARCELONA – Arsenal sudah biasa tersingkir dari 16 Besar Liga Champions. Termasuk tahun ini, The Gunners – julukan Arsenal – secara keseluruhan sudah enam kali gagal menapak ke fase perempat final. Yang perlu dipikirkan Arsene Wenger sekarang, bagaimana Arsenal kembali lagi ke Liga Champions musim depan?

Di papan klasemen sementara Premier League, Arsenal terancam terjerumus ke dalam rat race berebut dua slot zona Liga Champions. Leicester City dan Tottenham Hotspur di atas kertas sudah menggenggam tiket Liga Champions. Keduanya terpaut 11 poin dan 6 poin. Lalu di mana Arsenal?

Baru memainkan laga ke-29, Arsenal masih tersendat di posisi ketiga dengan 52 poin. Itu hanya terpaut satu poin dengan Manchester City (51), West Ham dua poin (49), dan Manchester United (47). Artinya, kans Arsenal bisa buyar dalam sembilan pekan ke depan. ’’Masih (lolos ke Liga Champions), bahkan kami bisa juara Premier League,’’ ungkap Wenger kepada talkSPORT.

Penampilan Per Mertesacker dkk dalam leg kedua di Camp Nou, Kamis dini hari kemarin (17/3) jadi alasan konfidensi Wenger. Arsenal memang gagal comeback atas Barcelona. Arsenal kembali kalah, kali ini dengan skor 1-3. Trio MSN Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar saling berbagi gol.

Neymar di menit ke-18, Suarez menit ke-65, dan Messi menutupnya menit 88. Mohamed Elneny menjadi satu-satunya pencetak gol Arsenal menit ke-51. Wenger menggaris bawahi shots Arsenal yang membludak ke defense Barca. Arsenal dengan 20 shots, sedangkan Barca hanya 17 shots.

Angka itu melebihi rerata shots Arsenal dalam empat laga bulan Maret ini, 15,6 shots per game. ’’Secara hasil saya kecewa, tapi dari performa saya puas. Ingat, kami malam ini (kemarin, Red) bersaing dengan klub yang punya trio penyerang ganas lho. Kami hanya kalah kualitas dari sisi passing dan kreativitas gol saja,’’ kilahnya.

Besok, Arsenal mengawali jalannya ke Liga Champions dengan meladeni perlawanan tim tuan rumah Everton di Goodison Park (19/3). Delapan lawan lainnya adalah Watford (2/4), West Ham (9/4), Crystal Palace (17/4), West Bromwich Albions (22/4), Sunderland (24/4), Norwich City (30/4), Manchester City (7/5), dan Aston Villa (15/5).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan