Luncurkan Line-up Rush, Toyota Tambah Investasi Rp 5,4 Triliun

bandungekspres.co.id – Toyota Motor Corporation (TMC) masih berkomitmen berinvestasi di Indonesia. Tahun ini perusahaan asal Nagoya, Jepang, itu berencana menambah investasi Rp 5,4 triliun.

Menteri Perindustrian Saleh Husin meminta Toyota terus meningkatkan investasi di sektor otomotif. Terutama bahan baku dan riset pengembangan produk. Saleh menyatakan bahwa Toyota berkomitmen menanamkan investasi Rp 20 triliun pada 2015–2019. Tambahan investasi Rp 5,4 triliun dari Toyota menunjukkan kepercayaan investor global terhadap iklim investasi dan prospek industri otomotif di Indonesia.

Apalagi, modal yang disuntik tahun ini lebih besar daripada investasi Toyota Rp 5 triliun pada 2015. ’’Kami akan terus berusaha memancing investasi untuk memperkuat struktur industri otomotif di Indonesia,’’ terangnya.

Menperin berharap Toyota membangun fasilitas riset dan pengembangan agar Indonesia tidak kalah oleh Thailand. Sebab, Thailand yang jumlah penduduknya hanya 67,2 juta jiwa memproduksi sekitar Rp 2,5 juta unit mobil per tahun.

Lebih dari separo otomotif produksi Thailand diekspor ke berbagai negara, termasuk Indonesia. ’’Kita dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa harus melebihi Thailand,’’ tutur Saleh.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui menilai investasi itu memperkuat posisi Toyota sebagai pemimpin pasar (market leader) Indonesia. Investasi tersebut akan digunakan untuk meluncurkan model-model baru, termasuk line-up terlengkap Toyota Rush.

Rush yang selama ini menjadi pilihan konsumen di segmen medium SUV (sport utility vehicle) bakal mendapat sejumlah penyegaran. Toyota, tampaknya, tidak mau kalah oleh Honda yang telah mempersiapkan peluncuran low SUV Honda BR-V.

’’Ini bakal meningkatkan ownership benefit bagi pelanggan setia Toyota. Fasilitas yang makin lengkap juga akan memberikan manfaat lebih bagi konsumen Indonesia,’’ jelas Hiroyuki.

Wakil Presdir TAM Henry Tanoto menegaskan, Toyota sudah berpengalaman memproduksi kendaraan SUV seperti Land Cruiser dan FJ Cruiser. Karena itu, Toyota Rush juga memiliki konstruksi yang kukuh. ’’Sejak awal, Rush dirancang dengan kerangka yang kukuh untuk melintasi berbagai medan, termasuk off-road,’’ tandasnya. (wir/c14/noe/rie)

Tinggalkan Balasan