LPJK Edukasi Pentingnya K3

bandungekspres.co.id– Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi Nasional (LPJK) mengadakan pembekalan dasar-dasar keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Hotel Horison Bandung kemarin (31/3). Dalam rangka memberikan pemahaman bagi para anggotanya, khususnya di bidang K3.

Ketua III LPJK Bachtiar Ravenala Ujung mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan bertujuan untuk mengingatkan keselamatan bagi para anggotanya saat bekerja. Pelatihan K3 sebenarnya adalah suatu upaya kemitraan pemerintah dengan perusahan swasta, karena mengharapkan bahwa 2016 adalah masyarakat kita sudah berbudaya K3.

’’Untuk mencapai hal itu, salah satunya adalah melalui upaya pelatihan ini,’’ kata Bachtiar kepada Bandung Eskpres.

Bachtiar memaparkan, adapun para peserta yang ikut dalam kegiatan ini ada 11 asisoasi kontruksi yang tergabung dalam asosiasi Gabpeknas, Hiptasi, P3N dan Aspekti. Dengan kegiatan ini, diharapkan semua penguruh di asosiasi masing-masing bisa lebih meningkatkan keselamatan kerja bagi para pekerjanya.

’’Kita harus memikirkan keselamatan para pekerja, sehingga mereka bisa lebih tenang saat menjalankan pekerjaaannya,’’ papar Bachtiar.

Sementara itu Ketua Asosioasi Kontraktor dan Kontruksi Indonesia Kota Bandung U. M. Yusup mengungkapkan, dengan mengikuti pelatihan ini, dirinya hendak menekan kecelakaan kerja yang terjadi selama ini. Pihaknya juga ingin memasyarakatkan K3 dan ingin sekali agar tenaga kerja selamat dari kecelakaan.

’’Jadi savety-nya harus betul-betul terbentuk. Kami juga ingin membentuk para ahli K3 meskipun sifatnya hanya dasar,’’ ungkap Yusup.

Lebih lanjut Yusup menjelaskan, sebagai Ketua AKSI Kota Bandung berharap agar para anggotanya yang ikut bergabung di AKSI Kota Bandung. Hal ini bisa lebih meningkatkan lagi keselamatan bagi para pekerjanya. Ke depan agar kebiasaan ini bisa terus berjalan.

’’Saya harap jangan cuma satu kali saja, tapi lebih sering lakukan sosialisasi seperti ini. Agar para pekerja bisa terjamin keselamatannya saat melaksanakan pekerjaan mereka di lokasi proyek masing-masing,’’ jelasnya. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan