Lorenzo Selangkah Lagi ke Ducati

bandungekspres.co.id – TENSI di garasi Movistar Yamaha sedang harap-harap cemas. Akhir pekan ini, tepat di GP Amerika Serikat (AS), hengkangnya bintang mereka Jorge Lorenzo disebut-sebut bakal terkonfirmasi. Sejumlah sumber bahkan menyebut kontrak dengan Ducati telah ditandatangani. Jadi tinggal menunggu pengumuman resmi saja.

Juara tiga kali MotoGP tersebut kabarnya menerima pinangan Ducati dengan ”mas kawin” USD  12 juta per tahun. Atau sekitar Rp 157,4 miliar. Harga fantastis, sampai-sampai legenda MotoGP Giacomo Agostini menyebutnya sebagai  ”super offer”. Angka tersebut menyamai nilai kontrak Yamaha dengan Valentino Rossi pada 2015 silam. Juga lebih besar dari bayaran Marc Marquez di Repsol Honda yang hanya USD 10 juta atau Rp 131 miliar.

Masih menurut sumber yang sama, kontrak multiyear itu berdurasi tiga tahun. Ikatan tersebut akan membuat Lorenzo bertahan di Skuad Bologna itu hingga usianya 33 tahun. Karena itu pula keputusan pembalap Majorca tersebut menjadi ”sekarang atau tidak sama sekali”. Jika gagal di Ducati selama tiga musim nanti usianya akan terlalu tua untuk menambah koleksi juara dunianya di MotoGP.

Duit besar tentu menggiurkan. Namun keberadaan Gigi Dall’Igna di Ducati disebut-sebut menjadi faktor utama yang menguatkan niat Lorenzo untuk berseragam merah musim depan. Sosok Gigi-lah yang berjasa pada awal karir pembalap 29 tahun tersebut. Tepatnya saat Lorenzo masih berkostum tim Derbi dan Aprilia dan meraih juara di kelas 250 cc pada 2006-2007.

Yamaha sendiri sejatinya sudah siap ditinggal Lorenzo. Ketika menawarkan perpanjangan kontrak, pabrikan Jepang itu memiliki kerangka berpikir bahwa sang bintang sudah memutuskan untuk pergi. Karena itu pula Bos Yamaha MotoGP Lin Jarvis secara lisan telah mengontak rider Suzuki Maverick Vinales untuk bersiap-siap menggantikan Lorenzo.

Vinales adalah bocah yang haus kemenangan. Skill dia pun tak terbantahkan untuk bertarung sebagai juara dunia. Begitu dikabarkan diincar Yamaha, Suzuki seperti kalang kabut. Lihat saja betapa gencarnya mereka mengembangkan motor di awal musim ini. Mulai dari menambah power mesin hingga mempercepat pengadaan seamless gearbox dengan fungsi penuh. Itu kabarnya demi memenuhi ambisi Vinales. (cak/na/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan