Liverpool 3 vs Villarreal 0, Akhiri Masa Sunyi Pesta Juara

Bandingkan dengan ancaman Bruno dkk ke gawang Simon Mignolet yang hanya enam kali sepanjang laga! ’’Dengan bermain seperti yang kami mainkan ini tadi, apapun hasilnya bisa kami dapatkan. Dan kami akan mencoba melakukan segalanya demi klub yang indah ini,” koar Kloppo, sapaan akrabnya.

Klopp mengakui, Liverpudlian ada di balik sukses klubnya musim ini. Dengan 45 ribu tempat duduk kapasitas Anfield yang hampir selalu terpenuhi, Liverpool unbeaten di Europa League musim ini. Baru Manchester United yang bisa menodai Anfield pada Premier League, 17 Januari lalu.

Karenanya, dengan konfiden mantan der trainer Borussia Dortmund itu berhasrat menjadikan atmosfer St Jakob Park sebagai layaknya Anfield. Stadion markas klub FC Basel itu hanya bisa menampung 38 ribu penonton, fans Liverpool kemungkinan hanya mendapat 10 ribu tiket di antaranya.

”Kedengarannya menakjubkan. Kami akan berangkat ke Basel, dengan mungkin 50, 60, atau 70 ribu Liverpudlian bersama kami. Atau bahkan mungkin dengan 100 ribu fans. Bukan hanya memenuhi stadion, kalau perlu juga memenuhi seluruh kota,” klaim Klopp.

Kecintaan Liverpudlian bukan satu-satunya alasan bergairahnya klub Merseyside itu. Efek Klopp turut andil. Kekecewaan Liverpudlian dengan 27,27 persentase menang Liverpool di tangan Brendan Rodgers pun mampu dibalas Klopp dengan gegenpressing yang dibawanya.

Di tangan Klopp, persentase kemenangan Liverpool pun naik hampir dua kalinya menjadi 46,9 persen. Sebagaimana diberitakan Liverpool Echo, penjaga gawang Simon Mignolet menyebut permainan Villarreal yang ditangani Marcelino tidak seperti saat di El Madrigal. Sedikit gugup.

Pasca dua kali kartu kuning didapatkan Victor Ruiz pada menit ke-71 mengubah segalanya. ’’Dan melawan sepuluh pemain semakin memudahkan kami. Jujur saja kami tidak seperti bermain dengan 11 pemain, melainkan dengan 12 pemain (suporter),” tutur Mignolet.

’’Sekarang, kami sudah menjejak final. Di sana, jelas Sevilla-lah yang lebih punya pengalaman. Yang kami butuhkan hanyalah tetap tenang, dan lakukan saja step by step,” imbuhnya. Selain satu laga final Europa League, Liverpool masih menyisakan tiga laga di Premier League.

Marcelino Garcia Toral, begitu nama lengkap pelatih Villarreal, menyebut timnya beruntung hanya bobol tiga gol. Villarreal tertolong dengan efektifitas tembakan pemain Liverpool yang di bawah 50 persen (48 persen akurat). ’’Tidak ada lagi yang dapat saya katakan. Kami menghadapi Liverpool dengan bentuk permainan terbaiknya musim ini,” pujinya. (ren/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan