Lembang Masih Destinasi Favorit, Okupansi Hotel Meningkat 90 Persen

 

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Menjelang libur panjang Hari Raya Paskah dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, okupansi hotel di Lembang, Kabupaten Bandung Barat meningkat hingga 90 persen. Bahkan, hotel berbintang banyak yang sudah habis dipesan.

‪Eksekutif Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia KBB Benny Suryana menuturkan, kenaikan okupansi hotel tersebut memang selalu terjadi pada libur panjang. Apalagi, rentang waktu liburan kali ini cukup panjang, yakni dari Kamis-Minggu.

’’Selain itu, banyak anak sekolah dari luar daerah yang memajukan liburan mereka agar tidak bentrok dengan bulan puasa. Jadi, kunjungan ke wilayah Lembang pada liburan kali ini diperkirakan meningkat drastis dan memengaruhi okupansi hotel dan pondokan,” kata Benny, di Lembang, kemarin.

‪Dia menuturkan, para pengunjung masih didominasi dari Jakarta dan daerah Sumatera, serta sebagian dari Jawa Tengah. Mereka ada yang datang sendiri-sendiri ataupun bersama keluarga, teman, dan koleganya.

‪Sementara untuk kunjungan wisatawan mancanegara, diakui Benny, sudah lama mengalami penurunan sejak awal 2.000-an. Mereka sebagian besar berasal dari Malaysia dan Arab Saudi. ’’Saat ini kunjungan wisman sangat minim, hanya 5-10 persen. Ini disebabkan berbagai hal, di antaranya mahalnya tiket ke wisata alam,’’ tukasnya.

‪Di wilayah KBB, terdapat sekitar 300 hotel dan restoran yang kerap dikunjungi warga saat liburan. Sejumlah hotel dan restoran tersebut sebagian besar berada di Kecamatan Lembang.

‪Dari ratusan hotel, 24 hotel di antaranya merupakan kelas menengah hingga bintang empat. Pada liburan kali ini, menurut Benny, rata-rata pengusaha hotel tidak menaikkan tarif. “Rata-rata tarif hotel tetap normal. Kisaran Rp 300.000-Rp 2 juta per malam,” sahutnya.

‪Meski demikian, sebagian hotel di Lembang saat ini masih tersedia untuk para pengunjung. Dengan demikian, warga dari luar daerah yang ingin mengisi liburan masih bisa memesan hotel. “Masih ada beberapa hotel yang belum fully-booked. Sebagian berupa hotel non bintang dan pondokan,” ungkapnya.

‪Seperti diketahui, wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat memang kerap menjadi destinasi wisata bagi para pengunjung dari luar daerah. Kondisi alam pegunungan yang sejuk serta sejumlah objek wisata di Lembang hingga kini masih menjadi primadona.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan