Lapas Banceuy Mencekam

bandungekspres.co.id, BOJONGLOA KIDUL – Permasalahan di lembaga pemasyarakatan seolah tak pernah ada habisnya. Terbukti, kerusuhan antara narapidana dan sipir terjadi di Lapas Banceuy Kelas IIA Bandung kemarin sekitar pukul 07.30, yang mengakibatkan kebakaran.

Kerusuhan itu membuat 1000 personel pasukan huru hara dari Satuan Sabhara dan Brigade Mobil Polda Jabar diturunkan ke lapas khusus warga binaan kasus narkotika tersebut.

Sejumlah napi sempat melempari pasukan huru-hara yang ada di dalam. Batu-batu pun melayang ke luar lapas. Sempat terjadi suara dentuman menyerupai petasan di dalam. Api pun berkobar di kantor bagian depan lapas tersebut.

Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Jodie Rooseto mengatakan, kericuhan di dalam lapas dipicu aksi solidaritas warga binaan. Pasalnya, salah satu warga binaan memertanyakan kematian seorang rekannya. Setelah mengetahui temannya gantung diri, muncul solidaritas diwujudkan bentuk hari ini. Mereka melakukan tindakan anakis. ’’Mungkin tidak terima dengan keadaan itu tadi malam dia melakukan gantung diri. Bukan dianiaya, bukan faktor kekerasan, tetapi karena gantung diri,’’ ucap Jodie, di lokasi kejadian.

Salah seorang napi yang meninggal diketahui bernama Abah Undang. Dirinya tewas lantaran gantung diri di dalam sel pengasingan. Konon peristiwa itu terjadi Jumat (22/4), namun pihaknya masih melakukan penyelidikan mengenai hal tersebut. ’’Kemudian para napi mengetahui rekannya yang gantung diri sehingga muncul empati dan memertanyakan hal itu ke petugas lapas. Namun tidak ada tanggapan yang jelas, sehingga para napi melakukan aksi seperti itu,’’ tutur Jodie.

Kepolisian dibantu TNI menerjunkan sekitar 1000 personel dalam rangka menenangkan warga binaan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun sejumlah petugas mengalami luka-luka akibat pelemparan batu yang dilakukan para napi dari dalam. ’’Saat ini, para Napi sudah diamankan di selnya masing-masing dengan penjagaan personel Brimob yang dilengkapi dengan senjata,’’ ungkap mantan Kapolda Lampung itu.

Situasi Lembaga Pemasyarakatan Banceuy berangsur kondusif setelah pasukan huru-hara Polda Jabar masuk ke dalam. Api pun mulai bisa dijinakkan petugas dari Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung serta Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan