Lakukan Penataan Pangandaran

[tie_list type=”minus”]Pemprov Segera Bentuk Tim Khusus[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Untuk mewujudkan perubahan kawasan metropolitan baru di wilayah selatan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana pada tahun melakukan penataan pada objek wisata Pantai Pangandaran dan pesisir pantai.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, objek wisata pantai Pangandaran harus ditata, sebab kondisi bibir pantai sangat penuh dengan pedagang sehingga menghalangi pemandangan pantainya.

’’Asa sareuksek ningalina (kaya penuh sesasak keliatannya), dan pedagang yang ada di situ harus dipindahkan,” ucap Heyawan saat mengadakan evaluasi dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), kemarin.

Dirinya menuturkan, pihaknya akan segera membentuk tim khusus lintas sektor dalam menata kawasan Pantai Pangandaran serta berkoordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Pangandaran dengan membentuk Tim Satuan Bersama Satu Atap (Samsat).

Menurutnya, penataan kawasan Pantai Pangandaraan saat ini telah menjadi kewenangan Provinsi Jabar. Sebab berdasarkan Undang-Undang No 23/2014 kawasan bibir pantai sepanjang 12 mil sekarang telah menjadi kewenangan provinsi. ’’Jadi nanti tinggal membuat Perda atau Pergubnya untuk menindaklanjuti sebagai payung hukumnya,” kata dia.

Penataan Pantai Pangadaran perlu dilakukan agar objek wisata ini menjadi salah satu destinasi andalan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat setempat.

Untuk itu, penataan akan dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pemetaan ulang dan penataan permukiman penduduk menjadi satuan kawasan dengan melibatkan ahli-ahli dari perguruaan tinggi seperti ITB dan Unpad.

Sementara untuk, para pedagang yang saat ini menempati bibir pantai akan dibangunkan gedung sentra usaha dengan kapasitas bisa menampung ribuan pedagang yang posisinya berdekatan dengan objek wisata. ’’Gedungnya harus bisa menampung dan bisa dibuat bertingkat,’’ cetus dia.

Selain itu, bentuk dukungan infrastruktur di kawasan tersebut telah dilakukan melalui Dinas Bina Marga dan pemerintah pusat dengan pembangunan jalan mantap yang menghabiskan anggaran Rp 800 miliar dari Pangandaran hingga Rancabuaya kemudian akan dilanjutkan kembali sampai Pelabuhanratu.

Walaupun itu jalan nasional, Pemprov sangat memberikan perhatian serius terhadap infrastruktur jalan tersebut. Oleh karenanya, Heryawan menekankan pemeliharaan jalan yang sudah sangat baik ini harus dilakukan supaya tidak melalui proses panjang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan