Kitab Kuning Warisan Ulama

bandungekspres.co.id, , CIMAHI – Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi, Santoso Anto menyebutkan, membaca kitab kuning merupakan salah satu bagian dalam melanjutkan warisan ilmu para ulama yang sudah turun-temurun dajarkan di pesantren-pesantren. Karenanya, untuk mengapresiasi para santri yang sudah belajar kitab kuning, pihaknya memberikan hadiah bagi pemenang lomba baca kita kuning, kemarin (10/4).

”Kami sangat mengapresiasi para kader dan pengurus PKS yang telah melaksanakan lomba kitab kuning ini,” kata Anto, disela-sela lomba membaca kitab kuning yang diselenggarakan DPD Partai Keadilan Sejahtera, Kota Cimahi, di Aula Pusat Khidmat PKS Cimahi, kemarin.

Sementara itu, Humas DPD PKS Kota Cimahi, Kania Intan Puspita menyebutkan, Dadan Hamdan Syukrillah terpilih sebagai juara pertama lomba membaca kitab kuning. Atas prestasinya tersebut, Dadan berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 2 juta.

Untuk penilaiannya sendiri, dewan juri melakukan ketepatan membaca sesuai kaidah nahwu shorof. Selain itu, kelancaran dalam membaca, pemahaman kepada teks yang dibaca dan adab.

Selain Dadan, dua peserta lain juga mendapat hadiah pembinaan sebagai juara kedua dan ketiga dengan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1 juta. Sementara juara ketiga di raih oleh Aceng Hidayatullah dengan skor 1000 dan berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 500 ribu rupiah.

Lomba Membaca kitab Kuning yang diselengarakan oleh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini merupakan acara nasional yang serentak dilaksanakan di Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia. Bagi juara pertama tingkat Kota dan Kabupaten akan diikut sertakan pada lomba baca kitab kuning tingkat Provinsi yang juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 17 April mendatang. (bun/asp)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan