Kepercayaan, Modal Pengembangan Usaha

bandungekspres.co.id – Modal bukan kendala utama bagi wirausaha untuk mengembangkan usahanya. Kepercayaan, kejujuran, keuletan serta kemauan menjadi hal penting untuk maju.

“Modal akan datang bila kita menjaga kepercayaan. Kita harus yakinkan kepada konsumen bahwa produk kita berkualitas dan dapat dipercaya. Tanpa kepercayaan usaha kita tidak jalan,” tutur Kepala Dinas KUMKM Provinsi Jawa Barat Dudi Sudradjat Abdurachim, pada Seminar Pengembangan Usaha Wirausaha Jabar, di Bandung, Selasa (15/3).

Selain itu, pemanfaatan teknologi informasi komunikasi (TIK) seperti telepon pintar sangat membantu dan buat hidup lebih mudah. Fenomena konvergensi semua menuju satu titik dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi akan memercepat rantai-rantai dan memerluas jejaring usaha para wirausaha.

“Semua serba mudah dan cepat. Kita bisa membaca berita, membeli barang dan lainnya dengan klik telepon pintar kita. Begitu untuk menjual dan mempromosikan produk-produk KUMKM bisa melalui telepon pintar,” katanya.

Untuk itu, pihak menyambut baik program Kementerian Informasi dan Komunikasi RI akan memberikan 1 juta domain gratis bagi KUMKM. Untuk Jabar, tahun 2016 menargetkan s6000 nama domain gratis bagi KUMKM dan wirausaha.

Selain itu, bekerja sama dengan PT Kudo Indonesia membagikan 100 tablet (smartphone) bagi KUMKM untuk mempromosikan berbagai produk dan menjual berbagai produk. Saat ini, sebanyak 50 tablet telah diberikan kepada wirausaha baru Jabar.

Sepakat dengan Dudi, Komarudin Kuluya owner Batik Komar dan Ina Wiyandini owner Ina Cookies bahwa kepercayaan atau amanah menjadi hal sangat penting dalam pengembangan usaha. Saat ini, bisnis kepercayaan menjadi sangat penting.

“Untuk itu kita harus menjaga kepercayaan konsumen yang telah mereka harapkan pada kita. Caranya, kita harus membuat produk yang disukai dan berkualitas bagi mereka,” kata Komar.

Menurutnya, kegiatan seperti seminar ini sangat bagus terutama bagi para wirausaha dalam mencari ide atau gagasan. Ide atau gagasan biasanya muncul ketika berkumpul. Selain itu, kunci agar produk disukai, yakni ATM yakni Amati, Tiru dan Modifikasi. Selain itu, harus global dan unik, original agar produk tetap disukai orang.

Kreativitas adalah kemampuan umum untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Kreativitas biasa dibangun dari gagasan kecil, atau melihat sesuatu yang ada atau menciptakan sesuatu yang baru.

Tinggalkan Balasan