Kejutan! Diwarnai Sejumlah Insiden, Jack Miller Raih Gelar Perdana di MotoGP

bandungekspres.co.id – Sebuah kejutan hadir pada MotoGP Belanda, Minggu (26/6). Jack Miller meraih gelar juara untuk pertama kalinya di MotoGP usai finis terdepan di Sirkuit Assen.

Pembalap Estrela Galicia 0,0 Marc VDS itu menjadi juara setelah unggul 1,991 detik dari andalan Repsol Honda, Marc Marquez. Sementara posisi ketiga ditempati pembalap Octo Pramac Yakhnich, Scott Redding.

jack-miller-assen -
Skysport
Jack Miller Tapaki podium tertinggi MotoGP Belanda

Sukses Miller tak lepas dari insiden yang dialami beberapa pembalap papan atas seperti Valentino Rossi dan peraih pole position, Andrea Dovizioso. Kedua gacoan Italia itu terjatuh hingga tak bisa menyelesaikan lomba.

Beda hal dengan rekan setim Rossi di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, yang mampu menyelesaikan balapan di posisi ke-11 setelah mengalami kesulitan pada awal lomba.

The Doctor -julukan Rossi- sebenarnya melakukan start dengan sempurna. Dia sukses melesat di depan sejak start sebelum disalip Yonny Hernandez pada lap kedua.

Saat Hernandez terus melaju di depan, Rossi mendapat ancaman dari Dovizioso. Pada lap ke-10, Dovi akhirnya sukses menyalip Rossi.

Sial bagi Hernandez yang mengalami insiden pada lap ke-10. Motornya tergelincir, namun dia masih tetap mampu melanjutkan balapan meski posisinya harus melorot.

Guyuran hujan yang semakin deras hingga membuat bendera merah dikibarkan pada lap ke-15. Balapan pun diberhentikan sementara.

Saat dilanjutkan, para pembalap kembali memulai balapan dari garis start. Posisi ditentukan dari sebelum balapan dihentikan, tepatnya pada lap ke-14.

Trek yang basah membuat para pembalap kesulitan mengendalikan motornya. Satu persatu pebalap tergelincir akibat licinnya trek. Mulai dari Dani Pedrosa, Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Bradley Smith dan Aleix Espargaro.

Nasib sama dialami Dovi yang juga tergelincir dan tak melanjutkan balapan. Tak lama berselang, giliran Rossi yang terjatuh. Situasi itu dimanfaatkan Marquez untuk memimpin balapan.

Namun, posisi Marquez tak bertahan lama karena sukses disalip Miller saat balapan tersisa 8 lap. Hingga akhir lomba, Miller berhasil mengamankan posisinya dan merebut kemenangan perda di arena MotoGP sejak naik kelas dari Moto2 pada musim 2015.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan