Kejar Impian Kiblat Modest Fashion

UNSUR etnik secara konsisten ditonjolkan para desainer dalam Indonesia Fashion Week (IFW) 2016, salah satu ajang fashion show terbesar di tanah air. Mengusung tema Reflection of Culture, pertunjukan karya para perancang kenamaan itu dibuka kemarin dan berlangsung hingga 13 Maret.

Desainer Yurita Puji, Jenahara, Ariy Arka, Susan Budihardjo, dan Melia Wijaya berlomba menyajikan yang terbaik dalam event yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) tersebut. Rancangan dengan unsur etnik banyak dikuatkan dengan modest fashion (busana sopan) yang diwakili dengan tren hijab sekarang ini.

Menurut Poppy Dharsono, ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), keduanya akan saling menguatkan. ’’Semoga warisan budaya terus dikembangkan,’’ ujarnya dalam konferensi pers di JCC kemarin.

Busana hijab menjadi primadona ajang fashion itu. Musa Widyatmodjo, salah seorang pengurus APPMI, mengatakan, jika dilihat dari partisipannya, 40 tenant diisi mode hijab. Dia berharap itu bisa mewujudkan impian Indonesia sebagai kiblat modest fashion dunia. ’’Semoga saja,’’ katanya.

Andari, salah seorang pengunjung, mengungkapkan, dirinya menilai perkembangan dunia fashion di Indonesia semakin maju. Semakin banyak merek lokal yang cukup bisa bersaing dengan brand global. ’’Menarik banget,’’ ucapnya sambil melihat-lihat produksi kain Bali yang menjadi salah satu primadona di ajang tersebut.

Desainer yang juga selebriti juga tak ketinggalan berpartisipasi. Ivan Gunawan, misalnya, mengaku selalu rutin turut ambil bagian di ajang tersebut. ’’Enggak pernah enggak senang tampil di IFW,’’ ujar selebriti yang akrab disapa Igun itu.

Di stage 2 JCC, para selebriti seperti Raffi Ahmad, Melly Goeslaw, Zaskia Sungkar, Ivan Gunawan, dan Rossa mampu memukau para penonton fashion show yang berlangsung pada pukul 17.30 tersebut. Panggung runway ditiadakan. Penonton bisa begitu dekat dengan para model yang kebanyakan juga selebriti, kerabat dekat, maupun pasangannya sendiri.

Seperti fashion show RA Jeans by Raffi Ahmad. Model-model yang berlenggok didominasi selebriti yang merupakan sahabat Raffi. Misalnya, Ayu Dewi, Nagita Slavina, Syahnaz Sadiqah, dan Eli Sugigi.

Selain itu, untuk brand Rossa, KAIN yang bertajuk Kinanti mampu memukau penonton. Hadir pula dalam fashion show Kinanti tersebut Titi DJ yang terlihat stunning dengan headpiece dan salah satu busana Rossa. Mengenakan top brukat hitam transparan dengan bawahan kulot hitam dan ditambah outer putih bermotif batik anggrek hitam dari Kalimantan membuat Titi terlihat ethnic-casual. Busana itu disulap jadi sangat kekinian. Membuat manis tampilan salah seorang diva Indonesia tersebut.

Tinggalkan Balasan