oleh

Kampanyekan Batik untuk Pakaian Informal

bandungekspres.co.id, CICENDO – Universitas Islam Bandung bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menggelar roadshow bertema Save Batik Road to Campus di Gedung Hj. Kartimi Kridhoharsojo Unisba, Jalan Tamansari, kemarin (6/12). Roadshow ini dihadiri jajaran dosen dan mahasiswa Unisba untuk melestarikan budaya batik di masyarakat.

Acara merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang sebelumnya digelar di Univesitas Padjajaran (Unpad). Adapun rangkaian yang dihadirkan berupa traditional art performance, fashion show, gratis membatik bareng, serta batik fashion exibition.

Ketua Pelaksana Save Batik Road to Campus bagian Unisba Yudha Prakasa Karya Wiguna mengatakan, Disbudpar dan Unisba ingin mempromosikan serta menarik minat remaja menggunakan batik. Karena sering kali batik ini diidentikan dengan acara pesta atau bahkan acara undangan-undangan pernikahan dan semacamnya. Menurut dia, batik tidak harus dijadikan pakaian formal, melainkan informal seperti untuk pakaian sehari-hari atau kuliah.

”Dengan Save Batik Road to Campus, peserta diingatkan kembali bahwa ternyata batik itu keren, tidak jadul, dan cocok dipakai sehari-hari,” ujar Yudha kepada Bandung Ekspres.

Dia berharap, setelah acara ini, feedback dari masyarakat bisa lebih mencintai batik. Terlebih lagi batik telah dijadikan warisan dunia dari Indonesia oleh UNESCO.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.