Juventus vs Empoli, Perburuan Scudetto Resmi Dimulai

 

Perburuan menuju scudetto dimulai pekan ini. Tepatnya ketika Juventus menjamu Empoli di Juventus Stadium dini hari nanti (siaran langsung beIN Sport 1 pukul 01.40). Allenatore Juve Massimiliano Allegri terang-terangan menyebut delapan giornata ke depan sebagai kejuaraan mini melawan delapan tim menuju gelar ke-32. Atau yang kelima beruntun.

Game inilah yang paling penting. Kami memasuki turnamen mini dengan delapan pertandingan,” kata Allegri kepada Football Italia. Juve hanya unggul tiga poin atas Napoli (70-67). Kalau tergelincir, betapa sulitnya berharap musuh juga terjatuh. ”Kami harus mempertahankan keunggulan tersebut sampai akhir. Meski idealnya kami harus memerbesar gap itu,” lanjut dia.

Kalau hanya melihat posisi kedua tim di klasemen, mudah sekali menduga Juve akan mendapat tiga angka. Empoli berada di peringkat kesebelas. Namun, Allegri meyakinkan bahwa pertandingan bakal tetap seru. Juve akan tetap kesulitan saat menghadapi sang tamu. ”Selalu sulit melawan Empoli. Tahun lalu pun begitu. Mereka nothing to lose sehingga bisa bermain lepas,” jelas Allegri.

Bisa jadi ucapan Allegri hanya lip service. Namun, kenyataannya kondisi La Vecchia Signora –sebutan Juve– menjelang laga ini tidak 100 persen. Daftar cedera mereka panjang. Andrea Barzagli mengalami cedera hamstring. Sementara itu, Paulo Dybala dan Claudio Marchisio sama-sama mengalami cedera betis.

Belum lagi daftar pemain yang mendapat sanksi. Leonardo Bonucci, selain pulang dalam kondisi tidak prima setelah membela timnas, terkena larangan bermain. Demikian juga Alex Sandro dan Sami Khedira. Hanya, kabar baiknya, Giorgio Chiellini sudah pulih dan kembali berlatih tengah pekan lalu.

”Paulo (Dybala) sangat mungkin tidak bisa bermain,” kata Allegri. ”Claudio (Marchisio) baik-baik saja dan kami akan mendapatkan kembali beberapa pemain yang baru pulih dari cedera,” lanjutnya.

Dari delapan giornata tersisa, Juventus akan memainkan lima di antaranya di rumah. Idealnya, mereka harus menyapu bersih semua laga. Atau paling tidak, lima laga home harus dimenangi. Jika itu tercapai, plus Napoli sedang tidak beruntung, Juve bahkan sudah bisa mengunci gelar pada akhir bulan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan