Julie Estelle Belajar Piano dari Glenn

ADA kalanya, kemampuan seseorang sebagai aktor meningkat setelah memerankan karakter yang sangat berbeda dari diri sendiri.

Julie Estelle
Julie Estelle

Julie Estelle, 26, mengalami masa-masa itu ketika berperan di film Surat dari Praha (SDP) besutan sutradara Angga Dwimas Sasongko. Dia dituntut untuk lebih dari sekadar akting. Dia juga harus menyanyikan soundtrack serta bermain piano. Dua hal itu sangat berbeda dari keseharian Julie.

Pemeran Hammer Girl di The Raid 2: Berandal itu menyanyikan original soundtrack berjudul Nyali Terakhir. Versi asli lagu itu dipopulerkan Glenn Fredly. Tapi, soundtrack dinyanyikan Julie.

’’Angga sejak awal minta aku nyanyi dan main piano betulan. Sebab, dia mau syuting adegan itu dilakukan live, langsung,’’ kata Julie setelah penayangan perdana Surat dari Praha di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Dia cukup kelabakan ketika diminta melakukan itu. ’’Aku bukan penyanyi profesional. Aku juga sama sekali nggak punya basic main piano. Nol,’’ ujar dia.

Tapi, itulah tantangan. Dia menyatakan harus bisa melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Julie merasa tidak boleh melewatkan itu.

Tanpa pikir panjang, Julie langsung meneken kontrak untuk bermain film tersebut. Setelah itu, dia berdiskusi dengan sang sutradara. ’’Setelah ngobrol, aku dipertemukan dengan Glenn,’’ tuturnya.

Sadar tugasnya tidak hanya berakting, Julie melakukan treatment tambahan. Yakni, berlatih olah vokal dan bermain piano selama tiga bulan. ’’Yang menjadi mentorku Glenn Fredly langsung,’’ ungkapnya.

Adik Cathy Sharon itu menceritakan, selama menjalani latihan dengan Glenn, dirinya banyak mendapat pengalaman baru. Salah satunya rekaman di dalam studio.

’’Pas dengerin suara sendiri pakai earphone, rasanya aneh. Nggak percaya diri,’’ katanya. Tapi, karena ada Glenn yang selalu membimbing, dia merasa tenang.

Menurut Julie, Glenn itu mentor yang penyabar. ’’Kalau aku salah, dia bilangin lagi. Dalam waktu singkat, aku bisa membawakan lagunya sambil main piano,’’ ucapnya, lalu tersenyum bangga.

Karena proses latihan tersebut, Julie mulai mengerti perasaan seorang musisi. Ternyata, menyanyi dan bermain musik itu sulit. Apalagi ketika harus menghayati lirik lagu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan