Jawa Barat Optimis Jadi Juara Umum PON

MESKIPUN belum pernah menjadi juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) yang berlangsung berlangsung 4 tahun sekali, Cabor Karate asal Jawa Barat yakin untuk memboyong pulang sejumlah medali emas di PON Ke-XIX tahun 2016, mengingat Jawa Barat yang berkesempatan menjadi tuan rumah. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pelatih Karate Jabar, Dikdik Nugraha, PON tahun ini harus menjadi sejarah untuk prestasi karate. Pasalnya, momen tersebut sangat pas sebagai wujud apresiasi demi mewujudkan target Jabar kahiji.

”Kali ini kami harus bisa memberikan kontribusi untuk Jawa Barat,” tegasnya kepada Radar Bandung saat ditemui usai latihan di Area Latihan Karate Pelatda Jabar, Jalan Padjajaran Kota Bandung, belum lama ini.

Dikdik menuturkan, belajar dari pengalaman itu penting. Saat mengikuti PON Riau hanya menjadi juara umum saat babak kualifikasi dan cuman membawa satu medali emas, kali ini dirinya merasa yakin bisa membawa 4-5 medali emas.

”Kalau even lain kami sering jadi juara umum seperti piala Kasat 2002 dan kejurnas, dalam waktu dekat akan ada kompetisi tingkat nasional untuk menjadi tolak ukur penilaian sampai dimana kemampuan para atlet,” tuturnya.

Rencananya, lanjut dia, 11 atlet unggulan yang terpilih merupakan yang terseleksi dari kejurda dan Porda Bekasi 2014 akan diikut sertakan dalam setiap kompetisi skala lokal maupun nasional untuk uji coba. Tujuanya, menguji kesiapan atlet menghadapi PON 2016.

”Ya, kami lakukan itu. Kita nilai sampai mana kekuatan fisiknya, hafalan gerakannya (untuk kategori kata, red), dan terutama tingkat konsentrasinya,” ujarnya.

Ketika dimintai komentar mengenai atlet asal provinsi mana yang dinilai merupakan lawan tanding cukup tangguh, Dikdik menerangkan, Provinsi Sumsel dan Jawa Tengah harus diantisipasi.

”Beberapa tahun ke belakang luar Provinsi Jawa Barat atletnya hebat, tapi sekarang kami punya atlet yang memiliki talenta sama dengan provinsi lain bahkan semua dibawa 25 tahun. Ini merupakan penyegaran untuk kami, karena menjadi regenarasi untuk mencetak atlet tingkat nasional maupun skala internasional,” tutupnya. (cr3/jpg/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan