Jangan Sepelekan Musibah Banjir

bandungekspres.co.id – Masalah banjir di Kabupaten Bandung tidak bisa dianggap biasa. Sebab, hal tersebut menyangkut hidup orang banyak.

”Kita harus serius,” kata anggota DPR RI H. Dadang Rusdiana menanggapi pernyataan Bupati Bandung Dadang M. Naser yang mengatakan warga yang terkena musibah banjir sudah biasa.

Dia mengaku, seharusnya bupati Bandung segera mengambil langkah langkah segera untuk berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Kementerian PPN/Bappenas dan pihak terkait lainnya. Termasuk gubernur Jawa Barat maupun legislator. ”Agar segera masalah banjir bisa segera teratasi,” tambah politisi senior dan tokoh di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat tersebut.

Darus— sapaan akrabnya, mendesak pemerintah segera secara intensif mengimplementasikan grand design penuntasan banjir di Kabupaten Bandung. Sebab, banjir itu tiap tahun selalu terjadi. ”Tapi penanganannya baru sebatas pengerukan rutin, yang tentunya belum bisa menyelesaikan masalah,” katanya.

Dia pun menyatakan kesiapannya jika diundang oleh bupati untuk mempercepat proses penanganan banjir yang implikasinya jangka panjang.

”Masalah banjir tidak bisa dianggap masalah biasa karena menyangkut jiwa, kita harus serius mengatasinya,” tuturnya.

Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Bandung Kahpiana mengaku, menyesalkan pernyataan Bupati Bandung Dadang M. Naser di radio online yang mengatakan warga yang terkena musibah banjir sudah biasa.

”Itu pernyataan seorang pemimpin yang tidak peduli terhadap masyarakat dan tidak mempunyai solusi. Seharus pak bupati memberikan motivasi dalam musibah ini,” ujarnya.

Menurut dia, peran pemerintah adalah memberikan solusi untuk masyarakat. Jika memang tanah yang ditempati oleh masyarakat Cieunteng adalah tempat resapan air, maka pemerintah sepatutnya memberikan lahan huni yang lebih layak dan wilayah serapan air serta pengedukan Sungai Citarum dilanjutkan. (wir/bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan