Ingin Jabar 2020 Bebas Polio

bandungekspres.co.id– Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta kepada seluruh orang tua yang memiliki anak usia 0-59 bulan untuk ikut serta menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 yang dilaksanakan pada 5-18 Maret. Deddy mengatakan, dengan membawa balita ke Pos PIN Polio terdekat merupakan bagian dari upaya bersama untuk menyukseskan PIN Polio 2016 dan sebagai komitmen sumbangsih Global Pemerintah Indonesia, dalam membebaskan dunia dari polio di tahun 2020 mendatang. Di mana pada bulan Maret tahun 2014 Indonesia telah dinyatakan bebas polio bersama sejumlah negara anggota WHO lainnya di South East Asia Region (SEAR).

’’Kegiatan ini sebagai bentuk untuk membebaskan Indonesia dari Polio 2020,’’ kata Deddy saat membuka pencanangan PIN Polio 2016 di halaman Bio Farma Bandung, Jalan Pasteur, Selasa (8/3).

Demis -sapaan Wakil Gubernur Jabar- ini mengungkapkan, pada tahun 2016, Jawa Barat sendiri menyasar target hingga 4.371.807 anak. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan sebanyak 52.151 pos PIN Polio 2016, yang tersebar di posyandu dan rumah sakit yang ada di Jabar. Serta menyiapkan sebanyak 137 pos tambahan, yang disebar di sejumlah lokasi strategis seperti bandara, mall, supermarket, terminal, hingga stasiun kereta api.

’’Dalam kegiatan ini, kita melibatkan sebanyak 17.380 orang petugas kesehatan, 156.423 kader yang telah dilatih untuk membantu pelaksanaan PIN tahun ini,’’ ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan memaparkan, dengan jumlah penduduk terbesar di Jawa Barat pastinya jumlah bayi dan balita juga terbesar. Sehingga cakupan peserta ditargetkan mencapai 4.3 juta bayi dan balita. Tujuan terpenting bagi Pemprop Jabar selain menyehatkan generasi penerus bangsa yang unggul juga adanya komitmen bersama untuk terus melakukan program ini dengan sebaik mungkin.

’’Saya harap dukungan dari semua orang tua yang memiliki anak usia 0-59 bulan untuk ikut mensukseskan program ini,’’ ungkap Istri Gubernur Jabar ini.

Sementara itu, Direktur Utama Bio Farma Iskandar menegaskan, dalam mendukung program pemerintah melalui Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Bio Farma turut menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016. Pihaknya sudah memasok sebanyak 1,4 juta vial vaksin polio 20 dosis atau sebanyak 28 juta dosis, melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang saat ini sudah didistribusikan melalui Dinas Kesehatan provinsi di seluruh Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan