Ingatkan KCIC Buat Danau

10 Persen Pembuatan Trase Kereta Cepat di Tegalluar

bandungekspres.co.id – Bupati Bandung, H Dadang M. Naser mengimbau PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) segera menempuh kewajibannya membuat danau di sekitar pembangunan jalur trase kereta api cepat Jakarta-Bandung, di Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Ini mengacu pada perjanjian diberikannya izin pembangunan kereta cepat yang akan berakhir di Desa Tegalluar.

Teknisnya, kata Dadang, pelaksana proyek wajib menyediakan lahan seluas 10 persen dari lahan yang terpakai. ”Lahan yang terpakai untuk pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan mengambil lahan seluas 420 hektar dan 10 persen harus dibuatkan danau untuk meminimalisir terjadinya bencana banjir di kawasan timur,” papar Dadang usai acara Sertijab di Bale Rame Kompleks Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, kemarin (18/2).

Dia memerinci, Pemkab Bandung sudah melakukan pembelian lahan untuk kepentingan penanganan banjir di Baleendah yang ditujukan untuk kawasan recycle air. Begitu juga untuk penanganan banjir di Rancaekek. Pihaknya meminta bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk mediator. Karena penanganan banjir di Rancaekek berkaitan juga dengan Kabupaten Sumedang.

”Yang pasti di sana harus ada danau. Danau yang akan dibangun harus diparsialkan supaya lebih indah,” terangnya.

Di bagian lain, serah terima jabatan (sertijab) Bupati Bandung dari Pejabat bupati Perry Soeparman kepada Bupati Dadang M, Naser pada Kamis (18/2) berlangsung meriah di Dom Bale Rame Sabilulungan-Jalan Al Fathu Soreang. Sekitar 5.000 orang menghadiri undangan Sertijab tersebut, mendapatakan pengawalan ketat polisi dari Polres Bandung.

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan membenarkan jika pengamana dilakukan petrugas gabungan. Tidak kurang dari 500 personil turut menjaga sejumlah lokasi yang akan dilallui kendaraan para tamu dan undangan serta lokasi kegiatan sertijab tersebut.

”Kami memberikan pengaman ektsra utnuk kegiatan sertijab agar dapat berjalan dan lancar sesuai dengan harapan kita semua,”ujar Erwin, kemarin.

Kapolsek Cikancung AKP Gamal Pujiharto membenarkan jika pengaman ketat dilakukan polisi untuk sertijab dengan mengerahkan ratusan polisi. Aparat Polsek Cikancung pun dimintai untuk mengerahkan personelnya ke lokasi kegiatan dengan jumlah 10 personel. (gun/bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan