Indonesia vs Filipina: Menang Atau Pulang!

bandungekspres.co.id, BULACAN – Tim nasional (Timnas) Filipina pernah menorehkan luka bagi Indonesia di Piala AFF 2014 lalu. Ketika itu, Indonesia secara mengejutkan dibungkam oleh tim dengan julukan Anjing Jalanan itu dengan skor telak, empat gol tanpa balas. Hasilnya, tim besutan Alfred Riedl itu harus tersingkir di babak penyisihan grup.

Nah, skuad Garuda –julukan Timnas—memiliki kesempatan untuk membalas dendam dua tahun lalu itu. Nanti malam, kedua tim akan saling bersua dalam lanjutan pertandingan babak penyisihan grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, Bulacan, Filipina malam nanti. (Tayangan langsung RCTI Pukul 19.00 Wib)

Riedl mengatakan, target untuk membalas dendam tersebut wajib tercapai. Sebab, satu-satunya jalan untuk bisa memperpanjang nafas mereka di turnamen itu, adalah dengan mengalahkan Filipina. ”Karena kalau kalah dua kali kami akan keluar. Tapi, saya sudah minta pemain untuk tetap santai, ini akan menjadi laga yang menarik dan bisa sesuai ekspektasi,” tuturnya.

Pria asal Austria itu menyebutkan, dia sudah mengantongi kekuatan permainan Filipina saat bermain imbang melawan Singapura. Riedl menyebutkan, meski tidak melakukan banyak perubahan pemain dalam tim, kekuatan Filipina tidak lagi segarang di Piala AFF 2014 lalu. Buktinya, melawan Singapura dengan 10 pemain saja, mereka kewalahan.

Dengan catatan, Boaz Solossa dan kawan – kawan harus mengurangi kesalahan individu yang terjadi saat kekalahan telak melawan Thailand di laga perdana. Dua bek, Yanto Basna dan Benny Wahyudi yang terlambat panas dengan sering melakukan blunder di lini belakang, sudah tidak lagi terulang.

Dari latihan terakhir di Philippine Sports Stadium tadi malam, Riedl tetap akan bermain dengan formasi 4-4-2 seperti yang dia gunakan saat melawan Thailand. Lerby Eliandry dan Boaz Solossa yang masing-masing mencetak dua gol ke gawang Thailand tetap akan dipercayakan di lini depan.

Namun, ada sedikit perubahan di lini tengah dengan Evan Dimas Darmono yang akan menggantikan peran Bayu Pradana. Dia akan berkolaborasi dengan Stefano Lilipaly, serta Rizky Pora dan Andik Vermansah yang betugas di sisi kiri dan kanan lapangan. Yanto Basna dan Benny Wayhudi yang tampil di bawah form pada laga perdana tetap diberikan kepercayaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan