Indonesia Naik 10 Tingkat Peringkat FIFA

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Uji coba melawan Malaysia sudah berlalu lebih dari sepekan. Namun, kemenangan Indonesia dalam laga di Solo itu masih berbuntut manis.

Berkat kemenangan 3-0 pada duel internasional pertama setelah lepas dari sanksi FIFA tersebut, peringkat Indonesia di ranking FIFA yang terbaru langsung naik 10 setrip. Yakni, dari 191 ke 181. Garuda, julukan tim nasional Indonesia, menggeser Timor Leste yang semula menduduki posisi tersebut.

”Itu jelas kabar yang menggembirakan. Menimbulkan harapan bagus bagi sepak bola Indonesia,” kata Adam Alis, salah seorang penggawa Garuda yang masuk dalam skuad saat melawan Malaysia ketika dihubungi, kemarin (16/9).

Hanya saja, gelandang serang Barito Putera itu menyatakan, membaiknya peringkat Indonesia di ranking FIFA tersebut bukan tujuan akhir. Target terbesar yang paling dekat adalah menjuarai Piala AFF 2016 yang berlangsung di Filipina dan Myanmar pada 19 November–17 Desember.

Timnas Indonesia yang ditangani Alfred Riedl memang tengah bersiap menuju ajang dua tahunan itu. Garuda berada di grup A bersama tuan rumah Filipina, Thailand, dan Singapura.

Sebelum dibekukan FIFA pada Mei 2015, posisi Indonesia berada di peringkat 155 dunia. Namun, karena tak turun bertanding selama setahun terakhir, Indonesia pun tergerus ke posisi 191. Posisi terbaik Indonesia di ranking FIFA tercatat pada 1998, yakni berada di peringkat 76 dunia.

Dalam ranking FIFA yang dirilis per 15 September tersebut, posisi pertama dan kedua masih diduduki Argentina dan Belgia. Sementara itu, posisi ketiga diduduki Jerman yang berhasil naik satu peringkat dengan menggusur Kolombia yang kemudian turun satu setrip ke posisi keempat. (ben/c5/ttg/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan