Indonesia Bisa Tuan Rumah AFF Cup 2016

Pemerintah Segera Cabut Pembekuan PSSI

bandungekspres.co.id – Persepakbolaan Indonesia akan kembali normal. Tim nasional (timnas) bisa berlaga di ajang internasional. Demikian pula liga yang akan berputar dalam berbagai jenjang. Hal itu sejalan dengan bakal dicabutnya pembekuan terhadap Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pencabutan pembekuan tersebut merupakan instruksi Presiden Joko Widodo setelah melakukan pertemuan dengan Wapres Jusuf Kalla, Menpora Imam Nahrawi, dan Ketua Komite Ad Hoc Reformasi PSSI Agum Gumelar kemarin (24/2). Menpora diberi waktu dua hari untuk menentukan langkah-langkah teknis demi normalisasi sepak bola tanah air.

PSSI dibekukan pemerintah pada 17 April 2015 setelah tidak menghiraukan tiga surat peringatan yang dikeluarkan Kemenpora. Tiga surat peringatan itu diberikan lantaran PSSI tidak mematuhi rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) soal status kompetisi serta status Persebaya dan Arema.

’’Kami akan mengkaji segala aspek sebelum melakukan pencabutan pembekuan,’’ kata Menpora Imam Nahrawi di kompleks istana kepresidenan kemarin. ’’Pemerintah harus ada dalam bagian yang tidak terpisahkan, baik struktural maupun koordinasi dengan PSSI,’’ imbuhnya.

Kehadiran pemerintah dalam pengelolaan sepak bola tanah air itu merupakan satu di antara tiga syarat yang ditetapkan pemerintah kepada PSSI agar pembekuan dicabut. Syarat kedua adalah tranparansi dan akuntabilitas keuangan kepada pemerintah serta masyarakat.

Yang ketiga adalah menggelar kongres luar biasa (KLB) untuk menyusun kepengurusan baru paling lambat enam bulan setelah surat pencabutan pembekuan PSSI diterbitkan Menpora.

Pencabutan pembekuan PSSI selambatnya dilakukan Jumat besok. Dengan demikian, PSSI di bawah kepemimpinan La Nyalla Mattalitti bisa menjalankan organisasi, termasuk mempersiapkan timnas dan memutar liga.

’’Itu semua sudah otomatis (La Nyalla akan memimpin PSSI, Red),’’ kata Gatot S. Dewa Broto, juru bicara Kemenpora.

Event terdekat yang bisa diikuti timnas Indonesia adalah Piala AFF akhir tahun nanti. Sebelumnya, pembekuan PSSI membuat timnas Indonesia tidak bisa mengikuti beberapa event internasional. Misalnya, kualifikasi Piala Asia. Sanksi FIFA kepada Indonesia sangat mungkin dicabut dalam kongres yang diselenggarakan di Zurich pekan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan