Impian Utama: Angkat Trofi Liga Champions dengan Arsenal

Thierry Henry yang Berhasil Dapatkan Lisensi UEFA A

Thierry Henry mulai menuntaskan satu persatu langkah yang diperlukan dalam menyongsong impiannya menjadi manajer klub besar suatu hari nanti. Lisensi UEFA A berhasil diselesaikan dan kini dia mulai menyusun target menggapai UEFA Pro.

———————————————

Memori Thierry Henry langsung berkelebatan pada musim 2005/2006, ketika dia mendapat wawancara pada 17 Desember 2014, atau sehari pasca mengumumkan pensiun dan bekerja sebagai pundit di Sky Sports.

Saat itu, dia mendapat pertanyaan dari Sky Sports; momen apakah yang hilang sepanjang 20 musim karirnya di sepak bola.

Henry pun langsung mengatakan dua hal: Arsenal dan Liga Champions. Momen itulah yang membuatnya frustrasi. Sebab, sepanjang delapan tahun membela Arsenal, hanya itulah momen terbaik di kancah Eropa yang pernah Henry torehkan.

”Bagaimana bisa aku melupakan momen itu? Kami punya skuad dan momen bagus. Namun gagal,” ujar Henry sebagaimana dikutip Sky Sports saat itu.

Dari rasa frustrasinya itulah, Henry pun mengutarakan sebuah impian: Menjadi pelatih Arsenal sehingga memimpin tim Meriam London itu kembali mengulangi fase final Liga Champions, namun dengan kisah yang happy ending.

”Tentu aku berharap itu menjadi kenyataan,” kata Henry kepada Daily Telegraph. ”Namun, sebelumnya, Anda harus membuktikan bahwa Anda layak. Dengan belajar bagaimana cara menjadi pelatih,” tambahnya.

Striker yang terkenal dengan julukan King Henry itu mulai bersiap dalam menggapai impiannya tersebut.

Persiapan itu dimulai dengan mengambil kursus lisensi UEFA B Januari 2015 lalu. Lisensi paling bawah yang diperlukan di Eropa jika ingin menjadi pelatih.

Dalam lisensi itu, Henry mendapat beberapa materi dasar tentang menjadi pelatih sepak bola. Diantaranya mengenali perubahan posisi seorang pemain, fungsi-fungsi strategi dalam tim, serta penerapannya dalam games kecil 8×8.

FAW (Asosiasi Sepak Bola Wales) pun dipilih menjadi ”tempat” belajar topscorer sepanjang masa Arsenal dengan 226 gol dari 369 laga itu.

Direktur Teknik timnas Wales, Oslan Roberts, menyambut Henry dan menempatkannya bersama dengan timnas U-16. ”Adalah kehormatan untuk menyambut Thierry Henry pada pemusatan latihan timnas U-16,” kata Roberts di akun Twitter-nya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan