Imbau Pelaku UMKM Waspada

[tie_list type=”minus”]Banyak Mengaku dari Diskopindagtan Kota Cimahi[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Bantuan bagi UKM Kota Cimahi dari Pemerintah Kota Cimahi difokuskan pada kegiatan pelatihan dan pembinaan. Pihak pemerintah mendorong pelaku UKM untuk meningkatkan kapasitas lewat berbagai program pemerintah termasuk nanti ketika binaan di Technopark.

UMKM
DANIL SIREGAR/SUMUT POS

MAKIN BERGAIRAH: Pekerja memperlihatkan produk UMKM saat promosi dan pasar produk UMKM Provinsi Sumut di Merdeka Walk Medan, beberapa waktu lalu.

”Nantinya start up usaha bisa dikembangkan disana untuk membuka usaha baru,” tutur kepala Diskopindagtan Kota Cimahi Dantje Sunanda saat dihubungi lewat telepon, kemarin (31/1).

Hal itu menegaskan bahwa program bantuan dengan bentuk pembiayaan belum tersedia. Dantje menjelaskan, pada 2016 tidak ada program bantuan dana hibah bagi UKM.

”Pemkot Cimahi memang tidak menganggarkan dana hibah (2016), apalagi dana hibah bagi UKM tidak ada programnya,” jelasnya.

Tekait hal itu, dia mengimbau para pelaku UKM diminta waspada atas dugaan upaya penipuan yang mengatasnamakan Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi.

Dia mengungkapkan, saat ini sering terjadi penipuan dengan modus pembagian dana hibah oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menarik minat pelaku UKM. ”Sudah ada laporan soal penipuan (yang mengatasnamakan Diskopindagtan). Itu tidak benar, hanya isu,” terangnya.

”Modus yang dipakai oleh pelaku yaitu menghubungi pelaku UKM lewat telepon. Pelaku UKM diiming-imingi sebagai penerima dana hibah dari Diskopindagtan Kota Cimahi,” ujar Dantje.

Dantje khawatir, ada yang terjebak akan aksi penipuan. Apalagi di Cimahi terdapat 7.000 pelaku usaha dengan 3.000 pelaku usaha yang aktif produksi.

Dia mengingatkan, jika ada yang menerima telepon yang mengatasnamakan pihak Disopindagtan dengan mengimingi bantuan berupa dana, agar tidak langsung percaya, dan langsung mendatangi Diskopindagtan untuk memastikan.

”Kami minta pelaku UKM waspada kalau ada tindakan menjurus penipuan. Mudah-mudahan tidak ada yang menjadi korban,” pungkas Dantje. (bbb/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan