HUT TNI AU Diwarnai Duka

bandungekspres.co.id, Jakarta – Peristiwa memilukan kembali menimpa prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kemarin (7/4), dua orang penerjun payung TNI Angkatan Udara gugur dalam gladi resik HUT TNI AU ke-70 di komplek Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Insiden-Terjun-Payung TNI AUKedua prajurit tersebut adalah Kopda Beny Priandi dan Praka Supranoto. Mereka merupakan penerjun yang dimiliki Datasemen Matra 1 Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU.

Meski bersamaan, keduanya gugur disebabkan hal yang berbeda. Kopda Beny, gugur akibat gagal melakukan pendaratan dengan sempurna. Tubuhnya membentur aspal di terminal selatan Bandara Halim. Diduga dia terkena hembusan angin kencang yang membuat tubuhnya terpelanting keras.

Sementara itu, Pratu Supratono, gugur setelah parasut yang digunakannya gagal mengembang. Akibatnya, tubuhnya menghujam sebuah atap rumah di komplek perumahan TNI AU Halim. Kedua korban tersebut sempat dilarikan ke Rumah Sakit TNI AU. Namun akibat luka yang parah, nyawa keduanya tidak bisa diselamatkan.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) Dwi Badarmanto memastikan, kedua prajurit tersebut merupakan orang-orang yang sudah terlatih. ”Mereka dipilih (atraksi di HUT AU) karena sudah dianggap mahir,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos (induk Bandung Ekspres) kemarin. Selain itu, semua tahapan dalam atraksi terjun payung sudah dilakukan sesuai standar operasional prosedur yang ditetapkan.

Lantas, kenapa parasut Pratu Supranoto bisa terselip? Menurut Dwi, ada kemungkinan kelalaian yang dilakukan saat melipat parasut. Sehingga parasut gagal mengembang. ”Ya semua juga tidak ingin hal itu terjadi,” kata Dwi buru-buru menambahkan.

Selain itu lanjutnya, sebaik apapun pengamanan yang ada dalam protap terjun, hal itu tidak menjamin keselamatan seutuhnya. Sebab, ada banyak kemungkinan yang terjadi di ketinggian. Misalnya kasus Kopda Beny yang terkena hembusan angin. ”Parasut itu nilai keamanan 80 persen, 20 persennya lagi tidak aman,” tuturnya.

Disinggung soal kelangsungan acara HUT TNI AU, dia menegaskan jika peristiwa kemarin tidak akan mengubah rangkaian acara. Namun demi menghindari peristiwa serupa, TNI AU akan kembali memperingatkan semua prajurit yang terlibat untuk lebih berhati-hati dan memastikan kesiapan.

Tinggalkan Balasan